Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK SEJARAH PROKLAMASI KEMERDEKAAN INDONESIA PADA TEMA 7 SUBTEMA 2 KELAS V SDN SADANG SIDOARJOPenulis : FENI WULANDARIDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :INDAH SETYO WARDHANI, S.Pd., M.PdAbstraksi
Pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membantu proses pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, keefektifan dan respon siswa terhadap media pop-up book. Pengembangan ini menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) tanpa dilakukan tahap desseminate/penyebaran. Penelitian dilakukan di SDN Sadang Sidoarjo pada kelasV. Pengembangan media pop-up book sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia diperoleh hasil kelayakan validasi ahli media pembelajaran sebesar 90%, validasi ahli desain pembelajaran sebesar 82,5%, dan validasi ahli materi sebesar 87,5% Keefektifan media pop-up book sejarah proklamasi kemerdekaan Indonesia dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa yang dinyatakan tuntas secara klasikal dengan 100% siswa dinyatakan tuntas secara individual. Media pop-up book memperoleh respon sangat baik dari siswa dengan skor rata-rata 89,69% Kata kunci: Pengembangan, Pop-up book, Media Pembelajaran, IPS.
AbstractionThis development is motivated by the limitations of the types of learning media which is used by teacher in learning process in Social Sciences subject. This research and development aim to determine the feasibility, effectiveness and students respons to the media pop-up book. This development use 4D (Define, Design, Develop, Desseminate) without dessiminate phase. The study conducted in the Sadang Sidoarjo Elementary School in class V. The development of the media pop-up book history of the Indonesia proclamation of independence the result shows the feasibility of validation of learning media expert is 90%, the validation of learning design expert is 82,5% and the validation of material expert is 87,5% The effectiveness media pop-up book history of the Indonesia proclamation of independence sees from the completeness of learning result outcomes which are declared complete classically with 100% students are declared complete individually. The media pop-up book get very good respons from student with an average score 89,69%. Keywords: Development, Pop-up book, Learning Media, Social Sciences.