Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA 3D BERBASIS SENSOR MATERI NORMA YANG BERLAKU DI MASYARAKAT PADA PEMBELAJARAN PKn KELAS III DI UPTD SDN BANCARAN 4 BANGKALANPenulis : WIDYA KUSMIA PUTRIDosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.PdDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Putri, Widya Kusmia. 2019. 150611100111. Pengembangan Media Ular Tangga 3D Berbasis Sensor Materi Norma yang Berlaku di Masyarakat Pada Pembelajaran PKn Kelas III di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Mujtahidin, S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II: Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media ular tangga 3D berbasis sensor materi norma yang berlaku di masyarakat siswa kelas III di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan yang layak, menarik, efektif dan mudah diterapkan serta mengembangkan instrumen pembelajaran yang sesuai dengan pembelajaran media ular tangga 3D berbasis sensor materi norma yang berlaku di masyarakat siswa kelas III di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan dan menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase yaitu sebesar, ahli materi 93,33%, ahli media 90%, ahli desain pembelajaran 86,66% dan ahli bahasa 81,66% (sangat layak). Rata-rata gabungan validasi ahli 87,91% (sangat layak) Hasil kemenarikan (respon siswa) pada ujicoba produk sebesar 97,77% dan ujicoba pemakaian sebesar 94,38% (sangat menarik). Hasil keefektifan pada uji coba pemakaian diperoleh persentase yaitu sebesar, hasil belajar 92,10% (sangat efektif). Hasil keterterapan (respon guru) pada ujicoba pemakaian sebesar 95% (sangat mudah diterapkan). Kesimpulan penelitian ini adalah media ular tangga 3D berbasis sensor sangat layak, sangat menarik, sangat efektif dan sangat mudah diterapkan pada pembelajaran PKn materi norma yang berlaku di masyarakat siswa kelas III di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Kata Kunci: Media Ular Tangga 3D Berbasis Sensor, Norma yang Berlaku di Masyarakat, Pembelajaran PKn.
AbstractionPutri, Widya Kusmia. 150611100111. The Developing of Sensor-Based 3D Snack and Ladder Media about the Material of Prevailing Norms in the Society for the Third Grade Civic Education Learningat UPTD SDN Bancaran 4. Thesis. Elementary School Teacher Study Program. Faculty of Education. Trunojoyo University. Advisor I:Mujtahidin, S.Pd., . Advisor 2:Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to develop sensor-based 3D snack and ladder media that is used in civic education learning about the material of prevailing norms in the society for the third grade at UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan of a feasible, interesting, effeective and easy to implemented and develop learning instruments that are compatible with sensor-based 3D snack and ladder media that is used in civic education learning about the material of prevailing norms in the society for the third grade at UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. The method used is research and development method which uses Borg and Gall. The results of validation obtained a percentage of learning material experts 93,33%, instructional media experts 90%, instructional design experts 86,66% and language experts 81,66% (very suitable). Averagr combined validation expert 87,91% (very suitabe). The result of the attractiveness(testbased on students’ response)the product test is 97,77% and the usage test is 94,38% (very interesting). The result of effectiveness test of usage test obtained a percetage of learning outcomes 92,10% (very effective). The result of application (teacher response)in usage test 95% (very easy to use).The conclusion of this research is the sensor-based 3D snack and ladder media is very suitable to be used in civic education learning about the material of prevailing norms in the society for the third grade at UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan. Keywords: sensor-based 3D snack and ladder media, prevailing norms in the society, civic education learning.