Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL OPEN-ENDED TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI PENYAJIAN DATA KELAS V DI UPTD SD NEGERI 1 NGEPUNG PATIANROWO
    Penulis : Beta Mayang Pebriana
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd.,M.Si
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari, S.Pd.,M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan model pembelajran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi penyajian data kelas V di UPTD SD Negeri 1 Ngepung Paatianrowo. Jenis penelitin ini adalah penelitian kuantitatif dan desain yang digunakan adalah quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Penelitan ini menggunkan 40 siswa sebagai sampel dengan 20 siswa sebagai kelompok eksperimental dan 20 siswa sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data kemampuan berpikir kreatif menggunkan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran open-ended terhdap kemampuan berpikir kreatif berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t dua sampel independent thitung = 2,86 dan ttabel = 2,02289, dengan taraf signifikan ? = 0,05. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Apabila ada perbedaan signifikan rata-rata nilai post-test, yaitu nilai rata-rata post-test kelompok eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata post-test kelompok kontrol. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran open-ended terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi penyjian data kelas V di UPTD SD Negeri 1 Ngepung Patianrowo. Kata kunci: Model Pembelajaran Open-Ended, Berpikir Kreatif Matematis.

    Abstraction

    This study has an objective to know whether there is a significant effect of open-ended learning model on students’ creative thinking skills in fifth grade data presentation material at UPTD SD Negeri 1 Ngepung Patianrowo. This study is a type of quantitative research and the design that used is quasi experimental design with a type of non-equivalent control group design. This study uses 40 students as a sample with 20 students as an experimental group and 20 students as a control group. Technique of collecting data of creative thinking skills uses descriptive test. The results of the study show that there is a significant effect of open-ended learning model on the creative thinking skills based on the results of statistical calculations with the t test of two independent samples that is tcount = 2.86 and ttable = 2.02289, with a significance level of ? = 0.05. In accordance with the rules of testing tcount > ttable then H0 is rejected H1 is accepted. If there is a significant difference in the average value of the post test between the experimental group and the control group, where the average value of the experimental group is greater than the control group. Based on these calculations, it can be concluded that there is a significant effect of open-ended learning model on students’ creative thinking skills in fifth grade data presentation material at UPTD SD Negeri 1 Ngepung Patianrowo. Keywords: Open-Ended Learning Model, Mathematical Creative Thinking.

Detail Jurnal