Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Intelektual Siswa Pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V di SDN Bancaran 4 Bangkalan
    Penulis : Anggi Novitasari
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd.,M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap keterampilan intelektual pada mata pelajaran PKn siswa di kelas V UPTD SDN Bancaran 4. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 30 siswa sebagai sampel yaitu 15 siswa di kelompok eksperimen dan 15 siswa dikelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes uraian. Tahap-tahap yang adalah uji validitas, reliabilitas, taraf kesukaran, daya pembeda, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t dua sampel independen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap keterampilan intelektual siswa berdasarkan hasil perhitungan uji t dua sampel independen diperoleh t_hitung = 4,866 dan t_tabel = 2,048, menggunakan taraf signifikansi sebesar ? = 5%. Sesuai dengan kaidah pengujian thitung > ttabel maka 4,866 > 2,048 Ho ditolak dan dan Ha diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan keterampilan intelektual anatara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Adanya perbedaan maka adanya pengaruh. Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan Model Problem Based Learning ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan intelektual pada Mata Pelajaran PKn Kelas V di UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan.

    Abstraction

    This study aims to knowing the effect of using the Problem Based Learning model on intellectual skill in civics education of students in the 5th grade of UPTD SDN Bancaran 4. The type of this research is quantitative research. The research design used in this study is a quasi experimental design with a type of nonequivalent control group design. This study uses 30 students as the sample are 15 students in the experimental group and 15 students in the control group. Techniques of data collection in this study used observation and test description. The stages are the test of validity, reliability, level of difficulty, distinguishing power, normality test, homogeneity test, and t test of two independent samples. The result of the research shows that there is a significant influence on the using of problem based learning (PBL) towards student intellectual skill based on the result of calculation t test, two independent sample are t_count = 4,866 and t ? t?_table= 2,048, used standard of significance as big as ? = 5%. Appropiate with role testing t_count > ? t?_table, so 4,866 > 2,048 Ho is refused and Ha is accepted, it means there is a significant difference on intellectual skill between control group and experiment group. There is a difference so there is a an influence too. So, it can be included that using of problem based learning model has a significant influence towards intellectual skill on civics education in the 5th grade of UPTD SDN Bancaran 4 Bangkalan.

Detail Jurnal