Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia Pada Tema 7 Subtema 1 Kelas V UPTD SDN Polagan 1 Sampang
    Penulis : Mutmainnah
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto. S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani. S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Mutmainnah.2019. Pengembangan Media Pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia PadaTema 7 Subtema 1 Kelas V UPTD SDN Polagan 1 Sampang.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. UniversitasTrunojoyo Madura. Pembimbing I: Priyono Tri Febrianto, S.Sos,.M.Si dan Pembimbing II: Indah Setyo Wardhani, S.Pd,.M.Pd. ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah(1) mengetahuitingkatkevalidan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia, (2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia, (3) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia untuk kelas V UPTD SDN Polagan 1 Sampang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa persentase kelayakan media pembelajaran peta Tokoh Pahlawan Indonesia yang diperoleh dari validator media sebesar 91,6% (sangat valid), ahli materi pembelajaran sebesar 92,5% (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran sebesar 97,5% (sangat valid). Kemenarikan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia yang diperoleh dari hasil penilaian angket respon siswa uji coba pemakaian diperoleh nilai sebesar 92,75% (sangat menarik). Keefektifan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia diperoleh dari hasil penilaian lembar observasi aktivitas guru pada uji coba pemakaian sebesar 96,4% (sangat efektif), serta keefektifan media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia juga diperoleh dari hasil penialain lembar observasi aktivitas siswa pada uji coba pemakaian sebesar 92,55% (sangat efektif), serta persentase ketuntasan belajar klasikal sebesar 90% (tuntas). Kesimpulan dari pengembangan ini adalah media pembelajaran Peta Tokoh Pahlawan Indonesia layak digunakan sebagai media pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V sekolah dasar. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Peta Tokoh Pahlawan Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial.

    Abstraction

    Mutmainnah. 2019. Development of Indonesian Hero Figures Map Learning Media in Theme 7 Sub-theme 1 of Fifth Grade of UPTD SDN Polagan 1 Sampang. Thesis, Elementary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. AdvisorI: Priyono Tri Febrianto, S.Sos,.M.Si and Advisor II: Indah SetyoWardhani, S.Pd,.M.Pd. ABSTRACT The objectives of this study are (1) to find out the validity level of Indonesian Hero Figures Map learning media, (2) to determine the attractiveness level of Indonesian Hero Figures Map learning media, (3) to know the effectiveness level of Indonesian Hero Figures Map learning media for fifth grade of UPTD SDN Polagan 1 Sampang. Based on the results of the conducted study, it is found that the feasibility percentage of Indonesian Hero Figures Map learning media obtained from media expert is 91.6% (very valid), learning material expert is 92.5% (very valid), and learning design expert is 97.5% (very valid). The attractiveness of Indonesian Hero Figures Map learning media that obtained from the results of students questionnaire response to usage test is 92.75% (very attractive). The effectiveness of Indonesian Hero Figures Map learning media obtained from the results of the assessment of teacher activities observation sheet in usage test is 96.4% (very effective) and the effectiveness of Indonesian Hero Figures Map learning media obtained from the results of the assessment of students activities observation sheet in usage test is 92.55% (very effective), and the clasikal study compeletenes about 90% (complete). The conclusion of this development is that the Indonesian Hero Figures Map learning media is feasible to be used as learning media for Social Sciences in fifth grade of elementary school. Keywords: Development, Learning Media, Indonesian Hero Figures Map, Social Sciences.

Detail Jurnal