Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD MENGGUNAKAN GEOBOARD TERHADAP MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS III UPTD SDN SAMBENG I BOJONEGOROPenulis : ApriliyaningsihDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan geoboard terhadap minat dan pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen dengan metode quasi eksperimental design. Penelitian dilakukan di SDN Sambeng 1 Bojonegoro. Pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel yang diambil adalah siswa kelas 3 yang terdiri dari kelas 3A sebagai kelas eksperimen dan kelas 3B sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar aktivitas siswa, lembar aktivitas guru, angket minat belajar siswa dan tes pemahaman konsep siswa berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji Kolmogorov-Smirnov untuk menguji normalitas data, uji varian untuk homogenitas dan uji t dua sampel independen untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian pada angket minat belajar siswa menunjukan nilai thitung = 3,488 dan ttabel = 2,604 pada taraf signifikan 5%. Sedangkan hasil penelitian pada tes pemahaman konsep siswa menunjukkan nilai thitung = 3,7318 dan ttabel = 2,064 pada taraf signifikan 5%. Berdasarkan kriteria pengujian karena thitung> ttabel , maka Ho ditolak sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD memberikan pengaruh yang signifikan terhadap minat belajar dan tes pemahaman konsep siswa pada mata pelajaran matematika dikelas 3 SDN Sambeng 1 Bojonegoro. Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Geoboard, Minat Belajar Siswa, Pemahaman Konsep Siswa.
AbstractionThe purpose of this research is to know the influence of STAD type cooperative learning uses geoboard on the interests and understanding of concepts of student in grade III mathematics subjects at SDN Sambeng I Bojonegoro. This research is a quantitative research type of experiment with a quasi experimental design. The research is done in SDN Sambeng 1 Bojonegoro. The sample taking is done by random. The sample that are taken is the 3rd class that consist of 3rd A class experiment class and 3rd B class as countrol class. The instrument of datum collection use student activity sheets, teacher activity sheets, student learning interest questionnaires and concept understanding tests in the form of multiple choice questions. The datum analysis techniques used in this study are Kolmogorov-Smirnov to test data normality, variance test for homogeneity and t test two independent samples to test the research hypothesis. the result of the study on student learning interest questionnaire showed a value of tcount = 3,488 and ttable = 2,064 at a significant level of 5%. while the results of the research on students concept understanding test showed a value of count tcount = 3,7318 and ttable = 2,064 at a significant level of 5%. based on the testing criteria because tcount> ttable, then Ho is rejected so that it can be concluded the STAD type cooperative learning has significant influence on learning interest and the concept understanding test of student in mathematics in grade 3 SDN Sambeng 1 Bojonegoro. Keyword: STAD type cooperative learning, geoboard, interest in student learning, understanding of student concepts