Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MUATAN PELAJARAN IPA TEMA 9 SUBTEMA 1 SISWA KELAS V SDN 1 BENDOSARI TULUNGAGUNG
    Penulis : Yuliana Puspa Sari
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis pada muatan pelajaran IPA tema 9 subtema 1 siswa kelas V SDN 1 Bendosari Tulungagung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis non-equivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 32 siswa sebagai sampel, yaitu 16 siswa di kelas eksperimen dan 16 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran means ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan hasil perhitungan statistik dengan uji t dua sampel independent hasil belajar dapat diketahui bahwa nilai dan = 2,04227, kemudian untuk keterampilan berpikir kritis yakni, 3,55 Sesuai dengan kaidah pengujian maka dan ditolak, sedangkan dan diterima. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran means-ends analysis (MEA) terhadap hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis siswa pada muatan pelajaran IPA tema 9 subtema 1 siswa kelas V SDN 1 Bendosari Tulungagung. Kata Kunci : Model Means Ends Analisys, Hasil Belajar, Keterampilan Berpikir Kritis

    Abstraction

    This study has an objective to determine whether there is an effect of Means Ends Analysis (MEA) learning model on learning outcomes and critical thinking skills on the content of Science subject theme 9 sub-theme 1 of fifth grade students of SDN 1 Bendosari Tulungagung. This study is a type of quantitative research. The research design that used in this study is experimental design with a type of non-equivalent control group design. This study uses 32 students as samples, those are 16 students in the experimental class and 16 students in the control class. Technique of collecting data in this study uses a description test. The results of the study show that there is a effect of Means Ends Analysis (MEA) learning model on students learning outcomes and critical thinking skills based on the results of statistical calculations with t test of two independent samples of learning outcomes, it can be found that the value of and = 2.04227, then for critical thinking skills are 3.55 In accordance with the test rule of then and are rejected, while and are accepted. Based on these calculations, it can be concluded that there is an effect of Means Ends Analysis (MEA) learning model on students learning outcomes and critical thinking skills on the content of Science subject theme 9 sub-theme 1 of fifth grade students of SDN 1 Bendosari Tulungagung. Keywords: Means Ends Analysis Model, Learning Outcomes, Critical Thinking Skills.

Detail Jurnal