Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PETA IBUKOTA PROVINSI INDONESIA BERBASIS SENSOR KELAS V UPTD SDN AENGSAREH 1 SAMPANG
    Penulis : Qurotul Aini
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP.,M.Si
    Abstraksi

    Abstrak Pengembangan media pembelajaran ini dilatar belakangi dengan kurangnya penggunaan media yang interaktif pada pembelajaran di UPTD SDN Aengsareh 1 Sampang, sehingga pembelajaran kurang efektif.. Pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kemenarikan media peta ibukota provinsi Indonesia berbasis sensor. Model yang digunakan pada pengembangan ini adalah model Borg and Gall yang diadaptasi oleh Sugiono. Pemerolehan hasil validasi dari para ahli yaitu ahli materi 86,6% pada tingkat sangat valid, ahli desain pembelajaran 75% pada tingkat valid, ahli media 92,8% pada tingkat sangat valid. Hasil keefektifan media dalam pembelajaran pada uji coba produk aktivitas guru 92,3% pada tingkat sangat aktif, aktivitas siswa 94,3% pada tingkat sangat aktif dan ketuntasan hasil belajar siswa 100% pada tingkat tuntas. sedangkan pada uji coba pemakaian diperoleh hasil aktivitas guru 95,6% pada tingkat sangat efektif, aktivitas siswa 94,6% pada tingkat sangat efektif dan ketuntasan hasil belajar siswa 92,3% pada tingkat tuntas. Pada uji keterterapan, memperoleh hasil uji coba sebesar 95% pada tingkat sangat praktis dan uji pemakaian sebesar 97,5% pada tingkat sangat praktis. Pada uji kemenarikan media, memperoleh hasil uji coba produk sebesar 90% pada tingkat sangat menarik dan uji coba pemakaian sebesar 83,8% pada tingkat sangat menarik. Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa media peta nama ibukota provinsi berbasis sensor valid, efektif, praktis dan menarik. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Peta, Ibukota Provinsi Indonesian, Berbasis Sensor

    Abstraction

    Abstract The development of this learning media is motivated by the lack of interactive media use in learning in the UPTD of SD Aengsareh 1 Sampang, so learning is less effective. This development aims to determine the validity, effectiveness, applicability and attractiveness of the media map of the provincial capital of Indonesian based censorship in social studies. The model used in this development is the Brog and Gall model adapted by Sugiono. Obtaining validation results from experts namely material experts 86.6% at very valid levels, learning design experts 75% at valid levels, media experts 92.8% at very valid levels. The results of media effectiveness in learning on the teacher activity product trial 92.3% at a very active level, student activity 94.3% at a very active level and completeness of student learning outcomes 100% at a very effective level. while in the usage trial the results of teacher activity were 95.6% at a very effective level, student activity 94.6% at a very effective level and completeness of student learning outcomes 92.3% at a very effective level. At the Appropriateness Test, obtaining a trial result of 95% at a very practical level and a usage test of 97.5% at a very practical level. In the media attractiveness test, the results of the product trial were 90% at a very attractive level and the usage trial was 83.8% at very attractive levels. Based on the above data it can be concluded that the map media name of the provincial capital based on sensors is feasible, effective, practical and interesting. Keywords: Learning Media, Maps, Provincial Capital of Indonesian, Sensor Based.

Detail Jurnal