Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Papan Pengenalan Lagu Daerah (PAPEDA) Tema 7 Sub Tema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku Kelas IV A SDN Asemrowo Surabaya
    Penulis : Syandiego Rahmadhona
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Media Pembelajaran Papan Pengenalan Lagu Daerah (PAPEDA) berdasarkan kevalidan media pembelajaran, keterterapan media pembelajaran dan kemenarikan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi diperoleh persentase 91% (sangat valid). Hasil keterterapan media pembelajaran pada uji coba pemakaian menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh persentase 93% (dapat diterapkan). Hasil kemenarikan (angket respon siswa) pada uji coba pemakaian diperoleh persentase 93% (menarik). Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran papan pengenalan lagu daerah (PAPEDA) sangat valid, dapat diterapkan dan menarik untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada tema 7 subtema 1 keragaman suku bangsa dan agama di negeriku pembelajaran 6 kelas IV A SDN Asemrowo Surabaya.

    Abstraction

    This study aims to develop Regional Song Recognition Board Learning Media (PAPEDA) based on validity, applicability and attractiveness. This study uses the Borg and Gall model. Based on the results of validation obtained a percentage of 91% (very valid). The results of the application of learning media in the use trial using the implementation observation sheet learning is a percentage of 93% (applicable). Interest results (student response questionnaire) in the usage trial, a percentage of 93% (interested) was obtained. The conclusion of this study is the Regional Song Recognition Board Learning Media (PAPEDA) are very valid, can be applied and interesting to be used as media learning in theme 7th of the sub-theme 1st of ethnic and religious diversity in my country, 6th grade 4th A Asemrowo Elementary School Surabaya.

Detail Jurnal