Detail Karya Ilmiah

  • Tingkat Harga Diri Siswa Kelas III Sekolah Dasar SDN Banyuajuh 5 Kamal
    Penulis : Nurul Agustiningsih
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd,
    Dosen Pembimbing II :Mahmud S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat harga diri siswa, deskripsi tingkat harga diri siswa kelas III Sekolah Dasar SDN Banyuajuh 5 Kamal. Tingkat Harga Diri dilihat dari dimensi Jeffrey yaitu mengenai perasaan kompeten, perasaan diterima secara sosial, perasaan mampu mengontrol diridan perasaan moral diri. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif-non eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat harga diri siswa pada perasaan kompeten kebanyakan berada pada kategori rendah sebanyak 7 orang. Tingkat harga diri siswa pada perasaan diterima secara sosial yaitu kebanyakan berada pada kategori tinggi sebanyak 9 orang. Tingkat harga diri siswa pada perasaan mampu mengontrol diri yaitu kebanyakan siswa berada pada kategori sedang yaitu sebanyak 9 orang, Tingkat harga diri perasaan moral diri yaitu kebanyakan siswa berada pada kategori sedang yaitu 9 orang. Keseluruhan tingkat harga diri siswa pada semua dimensi memiliki rata-rata sebesar 64,4 dan hasilnya yaitu kebanyakan dari siswa memiliki harga diri sedang mengenai 4 dimensi tersebut serta dikatakan harga diri siswa kebanyakan sudah optimal. Kata Kunci: Harga Diri,Sekolah Dasar

    Abstraction

    This research aims to determine the level of student self-esteem, description of the level of self-esteem of grade III students in elementary school SDN Banyuajuh 5 Kamal. Level of self-esteem seenfrom jeffrey dimensions is about feeling of competence, feeling of sosial acceptance,feeling of control, feeling of moral self worth. The research approach used is a quantitative approach- non experiment. Data Collection is done by questionnaire method. As for the results show that: Level of self-esteem in feeling competence is mostly in the low category of 7 people. Level of self-esteem in feeling of sosial acceptance is mostly in the high category of 9 people. Level of self-esteem in feeling of control is mostly in the medium category of 9 people. Level of self-esteem in feeling of moral self worth is mostly in the medium category of 9 people. The overall level of self-esteem of student in all dimensions has an average of 64,4 and the result is that most students have self-esteem regarding these 4 dimensions and it is said that selfesteem of student is mostly optimal. Keywords: Self-Esteem, Elementary School

Detail Jurnal