Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Asah Otak IPS Tentang Keragaman Budaya Madura Kelas IV Tema 1 Subtema 1 UPTD SDN Bilaporah 3 BangkalanPenulis : Karmi CahyaningatiDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterbatasan jenis media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam membantu proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kevalidan, kemenarikan, dan keefektifan media pembelajaran Asah Otak IPS. Pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall (potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk), dan produksi masal tanpa dilakukan produksi masal. Penelitian dilakukan di UPTD SDN Bilaporah 3 Bangkalan pada kelas IV. Pengembangan media Asah Otak IPS diperoleh hasil kevalidan dari 4 validator sebesar 83,75% dengan kategori sangat valid. Kemenarikan media Asah Otak IPS diperoleh dari angket respon siswa sebesar 88,85% dengan kategori sangat menarik. Keefektifan media pembelajaran Asah Otak IPS didapatkan dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 92,55% dengan kategori sangat aktif, lembar observasi aktivitas guru sebesar 92,85% dengan kategori sangat aktif, hasil belajar siswa sebesar 100% dengan ketentuan klasikal tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Asah Otak IPS sangat valid, sangat menarik, dan sangat efektif.
AbstractionABSTRACT This development is motivated by the limitation of the type learning media used by teacher in assisting the learning process of social sciences subject. The purpose of this study was to determine the validity, attractiveness, and effectiveness of IPS Brain Teaching learning media. This development uses Borg and Gall model (potential and problems, data collection, product design, design validaton, design revisions, product trials, product revisions, produk trials, product revisions), and mass production without mass production. The study was conducted at UPTD SDN Bilaporah 3 Bangkalan in class IV. The development of IPS brain teasers obtained validity results from 4 validators of 83,75% with a very valid category. The attractiveness of the Brain Teaching media IPS obtained from student questionnaire responses of 88,85% with very interesting criteria. The effectivinness of the IPS Brain Teaser learning media is obtained from the observation of student activities by 92,55% with the very active category, teacher observation sheets for the activity of 92,85% with the very active category, student learning outcomes by 100% with the classical provisions completely. From these four values, it can be cocluded that the IPS brain teasers learning media used are effective. Based on the results of these studies indicate that the IPS Brain Teaching learning media is very valid, very interesting, and very effective.