Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN “TOPAN (Tokoh Pahlawan)” MATERI PERJUANGAN TOKOH PAHLAWAN MASA HINDU, BUDDHA dan ISLAM KELAS IV TEMA 5 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 KELAS IV UPTD SDN KEBUN 02 KAMAL BANGKALANPenulis : MUJI LESTARIDosen Pembimbing I : PRIYONO TRI FEBRIANTO.S.SOs.M.Si.Dosen Pembimbing II :ISNA IDA MARDIYANA, S.Pd.M.Pd.Abstraksi
Lestari, Muji. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran “Topan (Tokoh Pahlawan)” Materi Perjuangan Tokoh Pahlawan Masa Hindu, Buddha Dan Islam Kelas Iv Tema 5 Subtema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV UPTD SDN Kebun 02 Kamal Bangkalan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing I Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si., Pembimbing II Isna Ida Mardiyana, S.Pd,M.Pd. ABSTRAK Pengembangan media pembelajaran “TOPAN (Tokoh Pahlawan)” materi perjuangan tokoh pahlawan tema 5 subtema1 pembelajaran 1 dilatar belakangi oleh kurangnya kreatifitas guru dalam membuat media untuk kegiatan belajar di kelas IV SDN Kebun 02 Kamal. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran “TOPAN (Tokoh Pahlawan)” yang valid, efektif, dan menarik pada pembelajaran tema 5subtema 1 pembelajaran 1 siswa kelas IV SDN Kebun 02 Kamal. Penelitian ini menggunakan model pengembangan borg ang gall. Media pembelajaran “TOPAN (Tokoh Pahlawan)” telah divalidasi oleh ahli desain pembelajaran, ahli materi, dan ahli desain media pembelajaran. Terdapat 2 uji coba penelitian yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Pada validasi media pembelajaran “TOPAN (Tokoh Pahlawan)” nilai sebesar 83,3% dengan kategori valid. Data hasil uji coba yang telah dilakukan dapat diperoleh dari aktivitas guru sebesar 95,5% sangat baik, aktivitas siswa sebesar 93,8% dalam kategori sangat aktif, hasil belajar siswa (ketuntasan klasikal siswa sebesar 90,47%) dan kemenarikan dilihat dari angket respon siswa memperoleh nilai sebesar 93,8,63% dengan kategori sangat menarik. Kata Kunci: Media pembelajaran “TOPAN (Tokoh Pahlawan)”, Perjuangan tokoh pahlawan, Model Pengembangan borg and gall
AbstractionLestari, Muji. 2020. Development of Learning Media "Typhoon (Hero Figure)" Material Struggle Hero of Hindu, Buddhist and Islamic Period Class IV Theme 5 Subtema 1 Learning 1 Class IV UPTD SDN Kebun 02 Kamal Bangkalan. Skripsi. Primary Teacher Education Program. Educational Science Faculty. Trunojoyo University of Madura. Advisor I Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si., Pembimbing II Isna Ida Mardiyana, S.Pd,M.Pd. ABSTRACT Development of learning media "TOPAN (Hero Figure)" material struggle hero theme 5 learning sub-themes 1 is motivated by the lack of teacher creativity in making media for learning activities in class IV SDN Kebun 02 Kamal. This study aims to develop a learning media "TOPAN (Hero Figure)" that is valid, effective, and interesting in the learning of the 5subtema theme 1 learning 1 grade IV student at SDN Kebun 02 Kamal. This study uses a model development of gall gall. Learning media "TOPAN (Hero Figure)" has been validated by learning design experts, material experts, and instructional media design experts. There are 2 research trials namely product trials and usage trials. Data collection instruments in this study used interview guidelines, observation sheets, questionnaire sheets, and test sheets. In the validation of learning media "TOPAN (Hero Figure)" the value of 83.3% with a valid category. Data on the results of trials that have been carried out can be obtained from teacher activities by 95.5% very good, student activities by 93.8% in the very active category, student learning outcomes (students' classical completeness by 90.47%) and attractiveness seen from the questionnaire student responses scored 93.8.63% with a very interesting category. Keywords : Learning media "TOPAN (Hero Figure)", Struggle of hero figures, Development Model borg and gall