Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan media pembelajaran pop up book pekerjaan di sekitarku tema 4 subtema 2 pembelajaran 1 kelas IV UPTD SDN Tajungan Kamal
    Penulis : Sawitri Midya Lestari
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Lestari, Midya Sawitri. 2019 Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Pekerjaan Di Sekitarku Tema 4 Subtema 2 Pembelajaran 1 Kelas IV UPTD SDN Tajungan Kamal.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing 1 : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Pembimbing 2 : Isna Ida Mardiyana S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Kegiatan pembelajaran tidak berlansung optimal dengan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 namun bersifat KTSP. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar dan sekolah tidak berperan aktif dalam menyediakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book pekerjaan di sekitar ku dari segi kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Tahap dalam uji coba dilakukan 2 kali yaitu uji coba produk dan uji pemakaian. Berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh presentase sebagai berikut: ahli materi 67,5% (cukup valid), ahli media pembelajaran 83,75% (valid), dan ahli desain pembelajaran 81,25% (valid). Kemenarikan media yang diukur dari angket respon siswa pada uji coba pemakaian diperoleh presentase 86,77% (sangat menarik).Hasil keefektifan pada uji coba pemakaian menggunakan observasi aktivitas guru diperoleh presentase 92,8% (sangat efektif), observasi aktivitas siswa diperoleh presentase 95,16% (sangat efektif), dan hasil belajar diperoleh 93,54% (sangat efektif) dapat dismpulkan bahwa media pop up book pekerjaan di sekitarku sangat valid, efektif dan menarik digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan pop up book, model borg and gall.

    Abstraction

    Lestari, Midya Sawitri. 2019. Development of Job Learning Media Theme 4 Sub-Theme 2 Learning 1 4th grade at UPTD Tajungan Kamal Elementary School. Thesis. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Educational Sciences. University of Trunojoyo Madura. Advisor 1: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Advisor 2: Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Learning activities by implementingKTSP in the 2013 curriculum do not optimally work. This is caused by two reasons; teachers do not use learning media as teaching instruments and schools do not play an active role in providing learning media. This development research purposes to advancejob learning media for 4th gradeaccording to validity, attractiveness and effectiveness using the Borg and Gall model. The results of the expert validation demonstrated that material experts was 67.5% (valid), learning media experts was83,75% (valid), and learning design experts was 81.25% (valid). The percentage of the attractiveness of the media was 86,77% (very interesting) bycounting student questionnaire responses to product trials. The results of the effectiveness of the trial use of teacher activity observation obtained a percentage of 92,8% (very effective), observation of student activity obtained a percentage of 95,16% (very effective), and learning outcomes obtained 93.54% (very effective). It can be concluded that the work pop up book media around me is very valid, effective and insteresting to use in learning. Keywords :Pop up book media, Borg and Gall model.

Detail Jurnal