Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Intellectual Skills Mata Pelajaran Pkn Siswa Kelas 3 SDN Rejosopinggir Kab. JombangPenulis : Aqidatul IzzaDosen Pembimbing I : MujtahidinDosen Pembimbing II :Indah Setyo WardhaniAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan kemampuan Intellectual Skills antara kelas yang menggunakan model kontekstual dan kelas yang menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas III SDN Rejosopinggir Jombang yang berjumlah 42 siswa. Dengan sampel diambil menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar tes kemampuan Intellectual Skills. Berdasarkan pengujian uji t dua sampel independen diperoleh data posttest dengan nilai t hitung = 2.086 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan diperoleh nilai rata-rata nilai posttest kelas kontrol adalah 43,85 dan kelas eksperimen adalah 79,37. Dari nilai rata-rata tersebut dapat diartikan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas = 5,889 kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan model kontekstual terhadap Intellectual Skills siswa dalam pembelajaran PKn kelas 3 SDN Rejosopinggir Kab. Jombang. Kata Kunci:Pembelajaran, Model Kontekstual, Mata pelajaran PKn, Kemampuan Intellectual Skills. > ???? ????????????????????
AbstractionABSTRACT The aim of the study is to discover significant influence the result the ability of Intellectual Skills between classes using kontekstual model with classes that use lecture methode. This research is a quantitative research using Quasi Eksperimental design type Nonequivalen Control Group Design. This research was conducted in class III SDN Rejosopinggir which amounted to 42 students. Sample were taken using a saturated sampling technique. The instruments use were sheet the ability of Intellectual Skills. Based on the test of t-test two independent obtained posttest data with the value t count = 5,889 > ???? = 2.086 From data with the value the Ho rejected and Ha accepted that is no significant difference and average value control class = 43,85 and eksperimen class = 79,37.From this value can be seen that average value eksperimen class higher than kontrol clas.This suggests that there are differences the result of learning and the ability of Intellectual Skills among students who were given learning with the kontekstual model with students who cant’n given learning with the kontekstual, model hen there are the influence of learning with the learning kontekstual model against the result of learning and the ability of Intellectual Skills student class 3 SDN Rejosopinggir Kab. Jombang. Keywords: Learning, Model Kontekstual, Intellectual Skills, Civic Education. ????????????????????