Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran DLPS (Double Loop Problem Solving) Terhadap Kemampuan Disposisi Matematika dan Hasil Belajar Siswa Kelas III UPTD SDN 1 Babaktulung Rembang
    Penulis : Wardatul Khasanah
    Dosen Pembimbing I : Muhammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan kemampuan disposisi matematik dan hasil belajar matematika antara kelas yang menggunakan model DLPS dan kelas yang menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di kelas III UPTD SDN 1 Babaktulung Rembang yang berjumlah 42 siswa. sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket kemampuan disposisi matematik dan lembar tes hasil belajar kognitif. Berdasarkan pengujian uji t dua sampel independen diperoleh data posttest dengan nilai thitung = 2,553 dan ttabel = 2,018. Oleh karena nilai thitung = 2,553 > ttabel = 2,018, maka Ho ditolak. Sehingga penerapan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran DLPS memberikan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III. Sedangkan hasil analisis angket kemampuan disposisi matematik diperoleh rata-rata sebesar 75,19 dengan kategori kuat.

    Abstraction

    This study aims to determine whether there is a significant effect of mathematical disposition skills and mathematics learning outcomes between classes that use DLPS models and classes using conventional models. This research is a quantitative study using the Quasi Experimental design type Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in class III UPTD SDN 1 Babaktulung Rembang, which amounted to 42 students. The sample is taken using a saturated sampling technique. The instruments used were mathematical disposition questionnaires and cognitive learning outcomes test sheets. Based on the testing of t test two independent samples obtained posttest data with a value of tcount = 2,553 and ttable = 2,018. Therefore, the value of tcount = 2,553 > ttable = 2,018, then Ho is rejected. So that the application of learning using the DLPS learning model has a significant influence on the mathematics learning outcomes of class III students. While the results of the mathematical disposision ability analysis questionnaire obtaines an average of 75,19 in the strong category.

Detail Jurnal