Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN MEDIA DAMAR KURUNG TERHADAP KETRAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA KELAS II SDN SIDOKUMPUL 2 GRESIKPenulis : Rizkiyah MaulidahDosen Pembimbing I : Sulaiman., S.Pd, M.PdDosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.SiAbstraksi
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunakan quasi experimental design, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana dan keterlaksanaan model STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana siswa kelas II SDN Sidokumpul 2 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan adala tes dan lembar observasi. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis penelitian menggunakan uji t dua sampel independen diperoleh data pretestdengan thitung = 1,431 < ttabel = 2,048 sehingga Ho diterima, sedangkan pada post-testdengan thitung= 4,866 >ttabel= 2,048 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya ada pengaruh sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran STAD berpengaruh terhadap keterampilan menulis kalimat sederhana kelas II SDN Sidokumpul 2 Gresik. Berdasarkan hasil perhitungan keterlaksanaan pembelajaran oleh guru diperoleh nilai 100% dengan kriteria Terlaksana.
AbstractionThis research is a quantitative study, using experimental design quasi, with the aim to know the influence of the learning model of STAD to the simple sentence writing skills and implementation of the STAD model. This research aims to determine the influence of the model of cooperative learning of the STAD type towards the simple sentence writing skills of grade II students at SDN Sidokumpul 2 in Bahasa Indonesia. The data collection techniques used are tests and observation sheets. Based on the results of the calculation of research hypothesis test using the test two independent samples obtained pre-testwith Thitung = 1.431 < This = 2.048 so that Ho was accepted, while on post-testwith Thitung = 4.866 > this = 2.048 so ho rejected and Ha accepted which means there is an influence so that it can be concluded that the learning model of STAD is influential in the Based on the results of the calculation of learning implementation by the teacher obtained 100% value with the criteria done.