Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PUBO (PUZZLE BOX) TEMA DAERAH TEMPAT TINGGALKU MATERI JENIS PEKERJAAN YANG MENGHASILKAN BARANG DAN JASA KELAS IV SD AL-ISLAM MUHAMMADIYAH GRESIKPenulis : Devi YuliantiDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.PdAbstraksi
Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang menggunakan media dua dimensi berupa gambar, sehingga pembelajaran kurang menarik minat siswa dan siswa kurang memahami materi pembelajaran khususnya pada muatan IPS. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan, keefektifan dan kemenarikan media pembelajaran PUBO (Puzzle Box). Pengembangan media pembelajaran PUBO (Puzzle Box) menggunakan model pengembangan Borg and Gall dengan 10 langkah yaitu potensi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi produk tahap akhir dan produksi massal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kevalidan media pembelajaran PUBO (Puzzle Box) yang diperoleh dari hasil persentase 4 validator sebesar 94% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan media diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru sebesar 97% sangat efektif, aktivitas siswa sebesar 95% sangat efektif dan hasil belajar siswa sebesar 88% tuntas. Maka, dari hasil tersebut disimpulkan bahwa media berada pada kriteria sangat efektif. Kemenarikan media diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 96% dengan kriteria sangat menarik. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran PUBO (Puzzle Box) merupakan media yang sangat layak, efektif dan menarik digunakan dalam materi jenis pekerjaan yang menghsilkan barang dan jasa pada kelas IV SD-AL-islam Muhammadiyah Gresik.
AbstractionThis study is motivated by the learning process that uses two-dimensional media in the form of images, so that learning is less attractive for students and they do not understand the learning material, especially on Social Sciences content. The objective of this study is to know the validity, effectiveness and attractiveness of PUBO (Puzzle Box) learning media. The development of PUBO (Puzzle Box) learning media uses Borg and Gall development model with 10 steps, namely potential problems, data collection, product design, design validation, design revision, product testing, product revision, usage testing, final product revision and mass production. The results of the study show that the validity of PUBO (Puzzle Box) learning media that obtained from the percentage of 4 validators is 94% with the criteria of very valid. The effectiveness of the media is obtained from the results of teacher activity observation that is 97% very effective, students’ activity is 95% very effective and students’ learning outcomes is 88% completed. So, from the results, it can be concluded that the media is in the criteria of very effective. The attractiveness of the media is obtained from the results of students’ response questionnaire that is 96% with the criteria of very attractive. Based on the results, it can be concluded that the PUBO (Puzzle Box) learning media is a very feasible, effective and attractive media to be used in the material of types of work that produce goods and services in the fourth grade of SD AL-Islam Muhammadiyah Gresik.