Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN DUNGKEK 1 SUMENEP
    Penulis : YUNISTIARA EKA HARI PERMATA
    Dosen Pembimbing I : SULAIMAN, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :ISNA IDA MARDIYANA, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental dengan bentuk desain yang digunakan yaitu Nonequivalent Control Group. Tujuan pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar siswa dikelas V SDN Dungkek 1 Sumenep. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN Dungkek 1 Sumenep yang berjumlah 40 siswa. Sampel yang diambil dari masing-masing kelas berjumlah 20 siswa. Instrumen tes yang digunakan adalah tes pilihan ganda dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan perhitungan uji t dua sampel independen, maka diperoleh nilai thitung sebesar 3,527 dan ttabel 2,101, maka diperoleh thitung > ttabel atau 3,527 > 2,101 berarti Ho ditolak. Sehingga hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan penerapan model pembelajaran learning cycle 7e terhadap hasil belajar siswa kelas V SDN Dungkek 1 Sumenep. Kata kunci: Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, Hasil Belajar

    Abstraction

    This research is a quantitative research using Quasi Experimental design with the design form used Nonequivalent Control Group. The purpose of this study was to determine the effect of the 7E Learning Cycle learning model on learning outcomes of students in class V of SDN Dungkek 1 Sumenep. This research was conducted in class V of Dungkek 1 Elementary School 1 Sumenep, which amounted to 40 students. Samples taken from each class amounted to 20 students. The test instruments used were multiple choice tests and observation sheets for teacher and student activities. The results of this study are based on t-test calculations of two independent samples, then the value of tcount is 3,527 and ttable 2,101, then tcount> ttable or 3,527 > 2,101 means Ho is rejected. So that the results of the study show that there is a significant difference in the application of the 7e learning cycle learning model to the learning outcomes of fifth grade students of SDN Dungkek 1 Sumenep. Keywords: 7E Learning Cycle Learning Model, Learning Outcomes

Detail Jurnal