Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBAGAN MEDIA PEMBELANJARAN DIORAMA"SIBANSOR"(SIMULASI BANJIR DAN TANAH LONGSOR) TEMA 3 SUBTEMA 3 PEMBELAJARAN 2 UPTD SDN JADDIH 2 SOCAHPenulis : Agung Budi SantosoDosen Pembimbing I : Ariyono Tri Febrianto S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Aditya Dyah Puspitasari S.Pd.,M.PdAbstraksi
Santoso, Budi Agung. 2020 Pengembangan Media Pembelajaran Diorama “SIBANSOR”(Simulasi Banjir dan Tanah Longsor) Tema 3 Subtema 3 Pembelajaran 2 UPTD SDN Jaddih 2 Socah. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing 1 : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Pembimbing 2 : Aditya Dyah Puspitasari S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Kegiatan pembelajaran tidak berlansung optimal dengan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 namun bersifat KTSP. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar dan sekolah tidak berperan aktif dalam menyediakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book pekerjaan di sekitar ku dari segi kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh presentase sebagai berikut: ahli materi 93,75% (valid), ahli media pembelajaran 88,75% (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran 83,75% (valid). Hasil rata-rata dari para ahli sebesar 88,75% dengan kriteria (sangat valid). Kemenarikan media yang diukur dari angket respon siswa pada uji coba pemakaian diperoleh persentase 93,75% (sangat menarik). Hasil keefektifan pada uji coba pemakaian menggunakan observasi aktivitas guru diperoleh persentase 90,90% (sangat aktif), observasi aktivitas siswa diperoleh persentase 96,95% (sangat aktif), dan hasil belajar diperoleh 100% (sangat aktif). Kata Kunci : Media Diorama”SIBANSOR”, model borg and gall.
AbstractionSantoso, Budi Agung. 2020. Development of Job Learning Media Theme 3 Sub-Theme 3 Learning 2 4th grade at UPTD Jaddih 2 Socah Elementary School. Thesis. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Educational Sciences. University of Trunojoyo Madura. Advisor 1: Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si. Advisor 2: Aditya Dyah Puspitasari, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Learning activities by implementing KTSP in the 2013 curriculum do not optimally work. This is caused by two reasons; teachers do not use learning media as teaching instruments and schools do not play an active role in providing learning media. This development research purposes to advance job learning media for 4th grade according to validity, attractiveness and effectiveness using the Borg and Gall model. The results of the expert validation demonstrated that material experts was 93,75% (very valid), learning media experts was 88,75% (very valid), and learning design experts was 83.75% (valid). The percentage of the attractiveness of the media was 93,75% (very interesting) by counting student questionnaire responses to product trials. The results of the effectiveness of the trial use of teacher activity observation obtained a percentage of 90,90% (very effective), observation of student activity obtained a percentage of 96,95% (very active), and learning outcomes obtained 100% (very active). Keywords : Media diorama “SIBANSOR”, Borg and Gall model.