Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA KELAS V PADA MUATAN IPA TEMA 9 SUBTEMA 2 UPTD SD NEGERI KEMAYORAN 1 BANGKALANPenulis : Nur Komaria SavitriDosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Savitri, Nur Komaria. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas V Pada Muatan IPA Tema 9 Subtema 2. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I: Andhika Adinanda Siswoyo. S.Pd., M.Pd. Pmbimbing II: Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar dan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran discovery learning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini menggunakan Quasi Eksperimental Design dengan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di UPTD SD Negeri Kemayoran 1 Bangkalan pada siswa kelas VA dan VC dengan masing-masing jumlah kelas 43 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dan tes keterampilan proses sains. Berdasarkan hasil posttest pada tes hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat diperoleh thitung = 3,249 ? ttabel = 2,020, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa kelas V pada muatan IPA tema 9 subtema 2. Berdasarkan hasil posttest pada tes keterampilan proses sains siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan menggunakan uji t dua sampel independen dapat diperoleh diperoleh thitung = 4,558 ? ttabel = 2,020, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran discovery learning terhadap keterampilan proses sains siswa kelas V pada muatan IPA tema 9 subtema 2. Kata Kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains
AbstractionSavitri, Nur Komaria. 2019. The influence of Discovery Learning Model on Student's Learning Outcome and Science Process Skill of Fifth Grade Students on Science Content Theme 9 Sub theme 2.. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I: Andhika Adinanda Siswoyo. S.Pd., M.Pd. Adviser II: Isna Ida Mardiyana, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to determine whether there is a significant effect on learning outcomes and science process skills between the experimental class using discovery learning model with the control class that uses the direct learning model. This kind of research uses Quasi Experimental Design with the form of Nonequivalent Control Group Design. This research was conducted in UPTD (Technical Implementing Service Unit) of Elementary School of Kemayoran 1, Bangkalan in fifth A and fifth C grade with 43 students in each class. The instruments used in this study are test of student learning outcomes and test of science process skills. Based on the results of the posttest of the students learning result in the experimental class and the control class can be obtained t-score = 3.249 ? t-table = 2,020, then Ho is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is a significant effect of discovery learning model on the fifth grade students' learning outcomes on theme 9 of the science sub-theme 2. Based on the posttest results on the science process skills test of the experimental class and control class using t test of two independent samples, it can be obtained t-score = 4,558 ? t-table = 2,020, then Ho is rejected and Ha is accepted. It can be concluded that there is a significant effect of discovery learning models on science process skills of the fifth grade students on science lesson theme 9 sub-theme 2. Keywords: Discovery Learning Models, Learning Outcomes and Science Process Skills