Detail Karya Ilmiah

  • ANALISIS POLA MANAJEMEN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DASAR YANG ADA DI KECAMATAN KAMAL
    Penulis : Tomy Cheris Mahendra
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Sarana dan prasana yang ada di perpustakaan adalah salah satu faktor untuk menunjang suatu proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola manajemen perpustakaan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kamal dan kendala-kendala yang dihadapi dalam manajemen perpustakaan sekolah dasar. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif didapatkan penjelasan bahwa keadaan dari perpustakaan sekolah dasar yang ada di Kecamatan Kamal sudah baik dalam segi kelengkapan bahan pustaka sampai dengan penataan ruang perpustakaan sekolah, akan tetapi dalam proses perencanaan belum dilakukan secara optimal. Meskipun seperti itu pelaksanaan pola manajemen perpustakaan yang ada di Kecamatan Kamal sudah berjalan dengan baik. Terdapat kendala-kendala yang terjadi dalam melaksanakan pola manajemen perpustakaan sekolah diantaranya kurangnya pembinaan dan pelatihan pengelola perpustakaan dalam mengembangkan manajemen perpustakaan sekolah serta kurangnya perhatian yang terfokus mengenai pola manajemen perpustakaan sekolah dasar. Maka dari itu diperlukan upaya-upaya dari pengelola perpustakaan sekolah dan kepala sekolah untuk mengatasi permasalahan dalam manajemen perpustakaan sekolah yang dialami, diantaranya pengelola perpustakaan sekolah harus aktif mencari sumber informasi untuk menambah wawasan tentang manajemen perpustakaan sekolah, melakukan kerja sama dan diskusi dengan pihak terkait seperti UPT Kecamatan dan wali murid agar tujuan dari manajemen perpustakaan sekolah dasar dapat tercapai.

    Abstraction

    Facilities and infrastructures in the library are one of the factors to support a learning process. The purpose of this study was to find out how the pattern of elementary school library management in Kamal District and the obstacles faced in elementary school library management. In this study, it was explained that the condition of the primary school library in Kamal District was good in terms of the completeness of library materials to the arrangement of school library space, but in the planning process it had not been done optimally. Even though the implementation of the pattern of library management in Kamal Subdistrict has proceeded well. There are constraints that occur in implementing the pattern of school library management including the lack of guidance and training of library managers in developing school library management and a lack of focused attention on the pattern of elementary school library management. Therefore we need the efforts of school library managers and principals to overcome the problems in school library management experienced, including school library managers must actively seek information sources to add insight into school library management, conduct cooperation and discussions with related parties such as UPT Kecamatan and guardians of students so that the objectives of elementary school library management can be achieved.

Detail Jurnal