Detail Karya Ilmiah
-
Pengaruh Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD NU Banat Banin LamonganPenulis : DINI AMILATURRAHMAHDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.SiAbstraksi
Amilaturrahmah,Dini.2019.Pengaruh Pemberian Reward Dalam Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 Pada Mata Pelajaran Matematika Di SD NU Banat Banin Lamongan. Skipsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mohammad EdyNurtamam, S.Pd., M.SidanPembimbing II Indah SetyoWardhani, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidakny aperbedaan yang signifikan hasil belajar matematika antara kelas yang menerapkan pemberian reward dengan kelas yang menggunakan pembelajaran langsung/konvensional serta mengetahui motivasi belajar siswa pada pembelajaran matematika dengan menerapkan pemberian reward. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain Quasi Eksperimental jenis Nonequivalen Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD NU Banat Banin Lamongan yang berjumlah 48 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket motivasi dan tes hasil belajar kognitif. Hasil perhitungan uji t dua sampel independen angket motivasi sesudah diperoleh t_(hitung )= 4,5 ? t_(tabel ) = 2,0129, maka Ho1 ditolak atau Ha1 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan, sedangkan hasil perhitungan uji t dua sampel independen tes hasil belajar posttest diperoleh t_(hitung )= 6,333 ? t_(tabel ) = 2,0129, maka Ho2 ditolak atau Ha2 diterima artinya ada perbedaan yang signifikan, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan pembelajaran dengan memberikan reward terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas III SD NU Banat Banin Lamongan. Kata kunci: Reward, motivasibelajar, hasilbelajar
AbstractionAmilaturrahmah, Dini. 2019. The Effect of Giving The Reward in Learning of Motivation and Learning Outcomes on Grade 3 Student of mathematics at NU Elementary School Banat BaninLamongan. Thesis, Primary School Teacher Education Study Program, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Supervisor Mohammad EdyNurtamam, S.Pd., M.Si and Indah SetyoWardhani, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This research aims to find out the existence of learning achievement significance between class implemented rewards to conventional model and to find out student learning motivation on mathematics by implementing reward. This quasi experimental research design with nonequivalent control was conducted in third grade of Banat Banin NU Primary School, Lamongan by involving 48 students taken by saturated sampling. The instruments are motivation questionnaire sheet and cognitive achievement test. The t-test of two independent samples of post-motivation questionnaire was gained t_(count )= 4.5 ? t_(table ) = 2.0129, then Ho1 is denied and Ha1 is accepted. It means there is significant difference. Meanwhile, calculation of t test of two independent samples of posttest learning achievement gained t_count= 6.333 ? t_(table ) = 2.0129, then Ho2 is denied or Ha2 is accepted. It means there is significant influence of learning by giving rewards to learning motivation and achievement of the students. Keyword: Reward, learning motivation, learning outcomes