Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Pekerjaan Tema 6 Sub Tema 1 Pembelajaran 1 Kelas IV pada UPTD SD Negeri Pejagan 4 Bangkalan
    Penulis : Nikmatul Maula
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Muahmud, S.Ip., M.Si,
    Abstraksi

    Kegiatan pembelajaran tidak berlansung optimal dengan pembelajaran yang menggunakan kurikulum 2013 namun bersifat KTSP. Guru tidak menggunakan media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar dan sekolah tidak berperan aktif dalam menyediakan media pembelajaran. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pekerjaan kelas IV dari segi kevalidan, kemenarikan dan keefektifan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall. Berdasarkan hasil validasi para ahli diperoleh presentase sebagai berikut: ahli materi 97,5% (sangat valid), ahli media pembelajaran 91,25% (sangat valid), dan ahli desain pembelajaran 96,25% (sangat valid). Kemenarikan media yang diukur dari angket respon siswa pada uji coba pemakaian diperoleh presentase 97,61% (sangat menarik). Hasil keefektifan pada uji coba pemakaian menggunakan observasi aktivitas guru diperoleh presentase 97,5% (sangat efektif), observasi aktivitas siswa diperoleh presentase 97,06% (sangat efektif), dan hasil belajar diperoleh 100% (sangat efektif). Kata Kunci : Media pembelajaran, kurikulum 2013, model borg and gall.

    Abstraction

    Learning activities by implementing KTSP in the 2013 curriculum do not optimally work. This is caused by two reasons; teachers do not use learning media as teaching instruments and schools do not play an active role in providing learning media. This development research purposes to advance job learning media for 4th grade according to validity, attractiveness and effectiveness using the Borg and Gall model. The results of the expert validation demonstrated that material experts was 97.5% (very valid), learning media experts was 91.25% (very valid), and learning design experts was 96.25% (very valid). The percentage of the attractiveness of the media was 97,61% (very interesting) by counting student questionnaire responses to product trials. The results of the effectiveness of the trial use of teacher activity observation obtained a percentage of 97.5% (very effective), observation of student activity obtained a percentage of 97.06% (very effective), and learning outcomes obtained 100% (very effective). Keywords : Learning media, 2013 curriculum, Borg and Gall model.

Detail Jurnal