Detail Karya Ilmiah

  • PERSEPSI SISWA SD TERHADAP TOLERANSI BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI
    Penulis : Septina Nurhayati
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd,. M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Indha Setyo Wardhani, S.Pd,. M.Pd
    Abstraksi

    ABSTRAK Nurhayati, Septina. 2019 Persepsi Siswa SD terhadap Toleransi Beragama dalam Kehidupan Sehari-hari.Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing 1: Mujtahidin, M.Pd. Pembimbing 2: Indah Setyo Wardhani, M.Pd. Persepsi setiap individu terhadap objek yang diamati tentunya berbeda. Penelitian yang mengangkat permasalahan tentang persepsi siswa mengenai sikap toleran dalam kehidupan sehari-hari, dilakukan pada subjek siswa kelas IV UPTD SD Katolik Maria Fatima Bangkalan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun persepsi yang positif bagi siswa bagaimana menggambarkan toleransi dalam kehidupan sehari-hari serta upaya guru untuk menanamkan nilai toleransi kepada isswa dalam kehidupn seharu-hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa menyatakan persepsi toleransi yakni bahwa toleransi beragama dalam kehedupan sehari-hari adalah perilaku menghormati dan menghargai orang lain dengan menerima perbedaan sebagai cara untuk menjaga perdamaian agar tidak terjadi perpecahan, (2) Siswa mampu menunjukkan bentuk sikap toleran dengan menerima dan berteman dengan teman yang berbeda agama, tetapi siswa tidak menunjukkan sikap intoleran di kehidupan sehari-hari, (3) Upaya sekolah serta guru untuk menanamkan sikap toleran beragama melalui kegiatan pelaksanakan program pengembangan diri dan mengintegrasikan toleransi dalam mata pelajaran. Kata kunci: persepsi, toleransi, agama.

    Abstraction

    ABSTRACT Nurhayati, Septina. 2019 Perception of Elementary Students towards Religious Tolerance in Dairy Life. Essay. Primary School Teacher Education Study Program. Faculty of Educational Sciences. Trunojoyo Madura University. Advisor 1: Mujtahidin, M.Pd. Advisor 2: Indah Setyo Wardhani, M.Pd. Each individual's perception of the object being observed is certainly different. This difference is because students understand tolerance from different language experiences and uses. The research that raised the issue of students' perceptions of tolerant attitudes in daily life was carried out on the subject of fourth grade students of the UPTD SD Maria Fatima Bangkalan Catholic School. This study aims to build positive perceptions for students how to describe tolerance in everyday life and the efforts of teachers to instill tolerance values to issues in life as long as day-to-day. The results of the study show that: (1) Students are able to perceive tolerance in their daily lifes by using their own language and perspective, differences that occur due to the factors of experience and knowledge that are obtained, (2) students are able to mention tolerance and intolerance in daily life, (3) School and teacher efforts to educate tolerant students with educating tolerant students in schools, hold routine activities such as celebrating Easter, Christmas and sharing takjil and integrating tolerance values into learning. Keywords: perception, tolerance, religion.

Detail Jurnal