Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Kue Susun Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas IV UPTD SDN Keleyan 1
    Penulis : AMALIYAH NURJANNAH
    Dosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd
    Abstraksi

    Nurjannah, Amaliyah. 2019. Pengembangan Media Kue Susun Matematika Materi Keliling Dan Luas Bangun Datar Kelas IV UPTD SDN Keleyan 1. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mohammad Edy Nurtamam S.Pd., M.Si. dan Pembimbing II Indah Setyo Wardani S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Karakteristik siswa sekolah dasar yang berbeda-beda dan pembelajaran yang dilakukan guru sangat monoton membuat siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Maka dari itu dalam proses pembelajaran perlu adanya media yang dapat memudahkan siswa dalam menerima informasi atau materi pelajaran dan siswa dapat terlibat langsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk berupa media Kue Susun Matematika yang valid, efektif dan menarik pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall dengan 10 tahapan pengembangan yaitu (1) potensi dan masalah (2) pengumpulan data (3) desain produk (4) validasi desain (5) revisi desain (6) uji coba produk (7) revisi produk (8) uji coba pemakaian (9) revisi produk tahap ahir (10) produksi masal. Hasil penelitian ini adalah sebuah media pembelajaran Kue Susun Matematika materi keliling dan luas bangun datar Kelas IV UPTD SDN Keleyan 1. Kevalidan media dinyatakan valid oleh ahli validasi dengan memperoleh 87,11%. Hasil observasi aktivitas guru mencapai persentase 89,33% , observasi aktivitas siswa mencapai persentase 83,44% dan hasil belajar siswa 85% tuntas sehingga dapat dinyatakan bahwa media Kue Susun Matematika sangat efektif diterapkan pada pembelajaran. Media yang dikembangkan juga memperoleh respon sangat menarik dari 20 siswa pada uji coba pemakaian dengan memperoleh 97%. Kata kunci: Pengembangan Media, Media Permainan, Kue Susun Matematika

    Abstraction

    Nurjannah, Amaliyah. 2019. Development of Media Kue Susun Matematika Learning on Perimeter and Area of Plane Shapes Materials for 4th grade Students of UPTD Keleyan I Elementary School. Thesis. Elementary Education Teacher Study Program. Faculty of Education. University of Trunojoyo Madura. Advisor I Mohammad Edy Nurtamam S.Pd., M.Si. and Advisor II. Indah Setyo Wardhani S.Pd., M.Pd. ABSTRACT Distinction characters of each students and monotonous learning process done by the teacher lead the students to be less active in the learning process. Therefore, the existence of media in the learning process is crucial to facilitate students to receive information or subject matter so that they are able to be directly involved. The development research aimed at producing a worthy, effective and attractive Media Kue Susun Matematika on Perimeter and Area of Plane Shapes. This study applied the Borg and Gall model which consists of 10 stages of development, namely (1) potential and problems (2) data collection (3) product design (4) design validation (5) design revision (6) product testing (7) product revision ( 8) trial use (9) final revision product (10) mass production. The result of this study was Media Kue Susun Matematika on Perimeter and Area of Plane Shapes for 4th of UPTD Keleyan 1 Elementary School. The worthiness of the media had been declared by validation experts and it obtained 87.11%. The results of observation of the teacher activity reached 89.33%, observations of student activities reached 83.44% and 85% of student learning outcomes was complete. This indicated that Learning Media Kue Susun Matematika was very effective to be applied the learning process. The developed media also received a very interesting response of 20 students in the use of the trial by gaining 97%. Keywords: Development Media, Game Media, Kue Susun Matematika

Detail Jurnal