Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENUMBUHKAN SIKAP TOLERANSI PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 4 KELAS II DI SD NEGERI SIDOHARJO 1 LAMONGAN
    Penulis : Yenni Fakhiyatul Maslacha
    Dosen Pembimbing I : Mujtahidin, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Rika Wulandari S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Maslacha, Yenni Fakhiyatul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif untuk Menumbuhkan Sikap Toleransi pada Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 4 Kelas II di SD Negeri Sidoharjo 1 Lamongan. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Trunojoyo Madura. Pembimbing I Mujtahidin S.Pd., M.Pd dan Pembimbing II Rika Wulandari S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Kurangnya penggunaan media pembelajaran yang inovatif dalam kegiatan pembelajaran tematik kelas II di SD Negeri Sidoharjo 1 Lamongan merupakan alasan dilakukannya penelitian dan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, kemenarikan, dan keefektidan dari media pembelajaran multimedia interaktif pada siswa kelas II SD Negeri Sidoharjo 1 Lamongan. Media pembelajaran multimedia interaktif merupakan komponen pembelajaran yang digunakan bagi siswa sebagai alat bantu pembelajaran pada kurikulum 2013 dan membantu guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Model pengembangan yang digunakan yaitu Borg and Gall modifikasi Sugiyono. Tahapan pengembangan media pembelajaran terdiri dari 10 tahapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan, dapat disimpulkan bahwa kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif yang diperoleh dari hasil validasi ahli sebesar 85,57% dengan kriteria sangat valid atau layak digunakan. Kemenarikan media pembelajaran multimedia interaktif diperoleh dari hasil angket respon siswa sebesar 87,83% dengan kriteria sangat menarik. Sedangkan keefektifan media pembelajaran multimedia interaktif diperoleh dari 3 jenis penilaian untuk siswa yaitu hasil aktivitas siswa diperoleh sebesar 94% dengan kriteria sangat efektif, hasil belajar siswa diperoleh sebesar 91,66% dengan kriteria tuntas, serta hasil penilaian sikap dieproleh sebesar 86,28% dengan kriteria baik. Kata Kunci: Pengembangan, Media pembelajaran multimedia interaktif, Sikap toleransi, Kurikulum 2013.

    Abstraction

    Maslacha, Yenni Fakhiyatul. 2019. The development of Interactive Multimedia Learning Media to Grow Tolerance Attitude in Theme 7 Sub-theme 1 Learning 4 Class II at Negeri Sidoharjo 1 Lamongan. Essay. Study Program for Primary School Teacher Education, Faculty of Education, University of Trunojoyo Madura. Advisor I Mujtahidin S.Pd., M.Pd and Advisor II Rika Wulandari S.Pd., M.Pd. ABSTRACT The lack of use of innovative learning media in class II thematic learning activities at SD Negeri Sidoharjo 1 Lamongan is the reason for conducting research and development. This study aims to determine the feasibility, attractiveness, and effectiveness of interactive multimedia learning media in class II SD Negeri Sidoharjo 1 Lamongan. Interactive multimedia learning media is a component of learning that used for students as learning aids in the 2013 curriculum and helps teachers in carrying out learning activities. The development model used is Borg and Gall modified Sugiyono. The stages of developing learning media consist of 10 stages. Based on the results of research and development, it can be concluded that the feasibility of interactive multimedia learning media obtained from the results of expert validation is 85.57% with very valid or feasible criteria to use. The exploration of interactive multimedia learning media is obtained from the results of student response questionnaires of 87.83% with very interesting criteria. While the effectiveness of interactive multimedia learning media obtained from 3 types of assessment for students, namely the results of student activities obtained by 94% with very effective criteria, student learning outcomes obtained at 91.66% with criteria complete, and the results of attitude assessment obtained by 86.28% with good criteria. Keywords: Development, interactive multimedia learning media, tolerance attitude, 2013 curriculum.

Detail Jurnal