Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Kemampuan Menulis Cerita Deskripsi Tema 3 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas V UPTD SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan
    Penulis : Dwi Sindi Kamiliya
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan menulis cerita deskripsi tema 3 subtema 1 pembelajaran 3. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design yang dilaksanakan pada kelas V UPTD SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan yang berjumlah 42 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes kemampuan menulis cerita deskripsi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Uji normalitas pada penelitian ini berdistribusi normal. Uji homogenitas pada penelitian ini bersifat homogen. Hasil uji hipotesis kemampuan menulis cerita deskripsi siswa menggunakan uji-t dua sampel independent diperoleh t_hitung = 4,263 > t_tabel = 2,085 maka Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan kemampuan menulis cerita deskrpsi antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan perbedaan hasil kemampuan menulis cerita deskripsi siswa maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model pembelajaran Think Pair Share dapat berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerita deskripsi tema 3 subtema 1 pembelajaran 3 kelas V UPTD SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan. Kata kunci: Model Pembelajaran Think Pair Share, Kemampuan Menulis Cerita Deskripsi.

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of Think Pair Share learning models on the ability to write story description themes 3 subthemes 1 learning 3. This study is a quantitative study with a Quasi Experimental Design design that was carried out in class V UPTD SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan totaling 42 students. The sampling technique used is saturated sampling. The main instrument in this research is the ability to write description stories. Data analysis techniques used in this study used the normality test, homogeneity test and independent t test. Normality test in this study is normally distributed. Homogeneity test in this study is homogeneous. Hypothesis test results the ability to write story description students using t-test two independent samples obtained t_count = 4.263> t_table = 2.085 then Ho is rejected, meaning there is a difference in the ability to write descriptive stories between the experimental class and the control class. Based on the differences in the results of the ability to write story descriptions of students it can be concluded that learning using Think Pair Share learning models can affect the ability to write story description themes 3 subthemes 1 learning 3 classes V UPTD SD Negeri Bancaran 4 Bangkalan. Keywords: Think Pair Share Learning Model, Ability to Write Story Descriptions.

Detail Jurnal