Detail Karya Ilmiah

  • Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas III SDN Keras 1 Jombang
    Penulis : Inggrit Rizki Maharsiwi
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd,. M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Fachrur Rozie, S.Pd,. M.Pd
    Abstraksi

    Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, menggunakan teknik pengumpul data, yaitu wawancara terstruktur dan observasi. Pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian, misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Peran Guru dalam Memotivasi Belajar Membaca Pemahaman Siswa Kelas III yaitu Peran sebagai motivator memberikan motivasi bagi seluruh siswa agar semangat belajar, yaitu dengan cara mendorong siswa yang kurang dorongan dan semangat belajar dengan memberikan reward berupa pujian, hadiah agar siswa bergairah atau bersemangat untuk lebih giat belajar membaca pemahaman, serta memberikan nilai tambahan bagi siswa yang berani menjawab atau mengemukakan pendapaatnya. Motivasi berasal dari kata motif yang berarti “dorongan” atau “rangsangan” atau “daya penggerak” yang ada dalam diri seseorang yang menyebabkan seseorang melakukan tindakan atau aktifitas. Motivasi merupakan hal sangat penting bagi siswa sebagai penguatan belajar, agar siswa bisa termotivasi untuk melakukan perbuatan tingkah laku yang mendorong siswa dalam belajar. Selain peran sebagai motivator, dalam pembelajaran juga ditemukan peran-peran lain, sebagai berikut: (1) sebagai pembimbing, memberikan bimbingan, perhatian; (2) sebagai fasilitator, berupa menggunakan media kartu huruf yang disusun menjadi sebuah kalimat; (3) sebagai sumber belajar, berupa bahan ajar yang digunakan guru dalam mengajar membaca pemahaman; (4) sebagai demonstrator, yaitu dengan menggabungkan materi dengan pengalaman sehari-hari yang membuat siswa lebih mudah memahami materi; (5) sebagai pengelola, dengan cara membuat suasana kelas menyenangkan dan kondusif; (6) sebagai evaluator, berupa evaluasi pembelajaran dalam mengetahui keberhasilan siswa dengan memberikan tugas dan penilaian, serta dengan memberikan penguatan kembali kepada siswa tentang materi yang sudah dijelaskan. Kata kunci: Peran guru, membaca pemahaman, motivasi, belajar

    Abstraction

    This study aims to determine the Role of Teachers in Motivating Learning to Read Comprehension of Class III Students of SDN Hard I. This study uses a qualitative approach, using data collection techniques, namely structured interviews and observations. Qualitative approach is research that intends to understand the phenomenon of what is experienced by the subject of research, such as behavior, perception, motivation, action. Data analysis in this study uses the Miles and Huberman models. The results showed that the Role of Teachers in Motivating Learning to Read Comprehension of Class III Students namely Role as a motivator provided motivation for all students to learn spiritually, namely by encouraging students who lack encouragement and enthusiasm to learn by giving rewards in the form of praise, prizes so that students are excited or excited to more actively learn to read understanding, and provide additional value for students who dare to answer or express their followers. Motivation comes from the word motif which means "impulse" or "stimulation" or "driving force" that is in someone who causes someone to take action or activity. Motivation is very important for students as strengthening learning, so students can be motivated to do behavioral actions that encourage students to learn. In addition to the role as a motivator, other roles are also found in learning, as follows: (1) as a guide, providing guidance, attention; (2) as a facilitator, in the form of using letter card media arranged into a sentence; (3) as a learning resource, in the form of teaching materials used by the teacher in teaching reading comprehension; (4) as a demonstrator, namely by combining material with daily experience that makes it easier for students to understand the material; (5) as a manager, by making the classroom atmosphere pleasant and conducive; (6) as an evaluator, in the form of evaluation of learning in knowing the success of students by giving assignments and assessments, and by giving reinforcement to students about the material that has been explained. Keywords: The role of the teacher, reading comprehension, motivation, learning

Detail Jurnal