Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA PETA ULAR TANGGA INDONESIA TEMA 7 INDAHNYA KEBERAGAMAN DI NEGERIKU SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 3 MUATAN IPS KELAS IV DI SDN BANJAR 2 GALIS
    Penulis : Yuni Artika Putri Pratiwi
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kevalidan, keefektifan, keterterapan, kepraktisan dan kemenarikan media Peta Ular Tangga Indonesia Tema 7 Subtema 1 pembelajaran 3 muatan IPS Kelas IV Di SDN Banjar 2 Galis. Penelitian ini dilakukan menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang memiliki 10 tahapan. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa presentase kevalidan media Peta Ular Tangga Indonesia menurut 3 ahli atau validator yaitu diperoleh rata-rata sebesar 89,1% dengan kriteria sangat valid. Keefektifan media diperoleh dari hasil belajar siswa yaitu sebesar 94, dengan ketuntasan belajar klasikal 100% yang artinya media sangat efektif. Keterterapan media doperoleh dari lembar respon guru yaitu 97,5% dengan kriteria sangat baik, yang artinya media sangat baik diterapkan. Kepraktisan diperoleh dari lembar kegiatan guru yaitu sebesar 94,1% dengan kriteria sangat praktis yang artinya media praktis digunakan. Kemenarikan media diperoleh dari respon siswa yaitu 98% dengan kriteria sangat menarik, yang artinya media sangat menarik digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media Peta Ular Tangga Indonesia sangat valid, efektif, dapat diterapkan, praktis, dan menarik untuk digunakan dalam pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan, Media, Peta Ular Tangga, Tema 7 Subtema 1 Pembelajaran 3.

    Abstraction

    This research finds out validity, effectiveness, implementation, practicability and attractiveness of Indonesian Snake and Ladder Medium theme 7, sub-themed 1, learning 3 with Social study content for fourth graders of 2 Banjar Galis Primary School. This Borgh and Gall modeled research and development consists of 10 stages. Based on the findings, 3 the validity percentages the average score was 89.1%, valid. The effectiveness of media from learning achievement of the students was 95, with classical passing grade 100%. It meant the medium was effective. The implementation of media based on teacher response sheet was 97.5%, well. It meant the medium was very well to be implemented. Practicability gained from teacher activity sheet gained 94.1%, very practicable, meaning it was practice to use. The attractiveness of the media gained from the students’ responses was 98%, very attractive, meaning the medium was attractive in learning. Therefore, it is concluded the medium was valid, effective, applicable, practicable, and attractive. Keywords: Snake and Ladder Medium Development, Theme 7 Sub-themed 1 Learning 3

Detail Jurnal