Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR (CERGAM) BERBASIS TEORI MORAL REASONING UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS III UPTD SDN BULUH 2 KEC. SOCAHPenulis : Khusnul MuthomimahDosen Pembimbing I : Mujtahidin,S.Pd.,M.Pd.Dosen Pembimbing II :Isna Ida Mardiyana, S.Pd.,M.Pd.Abstraksi
ABSTRAK Siswa perlu dilatih untuk melakukan pertimbangan moral agar siswa mampu untuk memecahkan permasalahan yang mereka temui dengan mudah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan buku cerita bergambar berbasis teori moral reasoning pada mata pelajaran PKn siswa kelas III SDN Buluh 2 Socah. Penelitian ini menggunakan model Borg & Gall modifikasi sugiyono (2015:409) yang terdiri dari 10 tahapan. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, angket dan lembar tes. Produk hasil pengembangan buku cerita bergambar dinyatakan valid dari gabungan hasil validasi para ahli yakni sebesar 81.6%. Dinyatakan sangat menarik dari angket respon siswa sebesar 91.2%. Dinyatakan sangat efektif dari hasi observasi aktivitas siswa sebesar 85% dan hasil penilaian sikap pretest dan posttest yang mengalami perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan buku cerita bergambar. Produk dapat diterapkan pada mata pelajaran PKn dilihat dari hasil keterlaksanaan pembelajaran yang memperoleh nilai sebesar 81.35% dan hasil observasi keterbacaan buku cerita bergambar memperoleh nilai sebesar 86.7%, kategori sangat tinggi. Berdasarkan dari hasil pengembangan tersebut maka buku cerita bergambar valid, sangat menarik, sangat efektif, dan dapat diterapkan pada pembelajaran PKn pada siswa kelas III SDN Buluh 2 Socah. Kata Kunci: Buku Cerita, Bergambar, Teori Moral Reasoning, Model Borg & Gall.
AbstractionABSTRACT Students need to be trained to make moral considerations so that students are able to solve problems they encounter easily. The purpose of this study was to develop illustrated storybooks based on the theory of moral reasoning on PKn subjects in grade III SDN Buluh 2 Socah. This study uses the Borg & Gall modification Sugiyono model (2015:409) which consists of 10 stages. The instruments of data collection in this study used interview guidelines, observation sheets, questionnaires and test sheets. Products resulting from the development of illustrated story books are declared valid from the combined results of expert validation of 81.6%. It was stated that it was very interesting from the student response questionnaire of 91.2%. It was stated to be very effective from the results of observations of student activities by 85% and the results of the assessment of theattitudes pretest and posttest that experienced differences before and after using illustrated story books. Products can be applied to PKn subjects seen from the results of the implementation of learning which scored 81.35% and the observation results of the readability of pictorial story books scored 86.7%, the category was very high. Based on the results of the development, the picture story book is valid, very interesting, very effective, and can be applied to Civics learning in third grade students of SDN Buluh 2 Socah. Keywords: Storybooks, Pictorial, Moral Reasoning Theory, Borg & Gall Model.