Detail Karya Ilmiah

  • Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook (Berbantu Audio) Peta Madura Tema 9 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas V SDN Noreh 1 Sreseh Sampang
    Penulis : Mashuroh
    Dosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.Si.
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui tingkat kevalidan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura, (2) mengetahui tingkat kemenarikan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura, (3) mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura untuk kelas V SDN Noreh 1 Sreseh Sampang. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang dimodifikasi oleh Sugiyono. Berdasakan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil dari para ahli adalah sebagai berikut: ahli media sebesar 86% (sangat valid), ahli materi sebesar 90% (sangat valid), ahli desain pembelajaran sebesar 88% (sangat valid). Hasil Kemenarikan media pembelajaran diperoleh dari hasil penilaian angket respon siswa pada uji coba pemakaian sebesar 87,55% (sangat menarik). Keefektifan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura yang diperoleh dari hasil penilaian lembar observasi aktivitas guru pada uji coba pemakaian sebesar 90% (sangat efektif), hasil lembar observasi aktivitas siswa pada uji coba pemakaian sebesar 89% (sangat efektif), dan keefektifan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura juga diperoleh dari hasil belajar siswa sebesar 95%. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil pengembangan media pembelajaran Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura ini valid, menarik, dan efektif. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Scrapbook (berbantu Audio) Peta Madura.

    Abstraction

    The purpose of this study was (1) to determine the level of validity of the learning media of Scrapbook (assisted by Audio) Madura Map, (2) to know the level of attractiveness of learning media Scrapbook (assisted by Audio) Madura Map, (3) to find out the level of effectiveness of learning media of Scrapbook (assisted by Audio) Map Madura for class V SDN Noreh 1 Sreseh Sampang. This study uses the Borg and Gall model modified by Sugiyono. Based on the results of research conducted, the results obtained from the experts are as follows: 86% of media experts (very valid), 90% of material experts (very valid), 88% of learning design experts (very valid). The results of the attractiveness of instructional media were obtained from the results of the assessment of student response questionnaire on the trial use of 87.55% (very interesting). The effectiveness of learning media Scrapbook (assisted audio) Map of Madura obtained from the results of the observation sheet of teacher activity observation in the trial use of 90% (very effective), the results of the observation sheet of student activity in the trial of use of 89% (very effective), and effectiveness Scrapbook learning media (audio-assisted) Madura map is also obtained from student learning outcomes by 95%. From these data it can be concluded that the results of the development of learning media Scrapbook (audio-assisted) Madura Map is valid, interesting, and effective. Keywords: Learning Media, Scrapbook (audio-assisted) Madura Map.

Detail Jurnal