Detail Karya Ilmiah

  • PENGEMBANGAN MEDIA ELECTRIC BLOOD MANNEQUIN PADA PEMBELAJARAN SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA UNTUK SISWA KELAS V SDN TAMIDUNG 3 KABUPATEN SUMENEP
    Penulis : CICI FITROTUL JANNAH
    Dosen Pembimbing I : ANDIKA ADINANDA SISWOYO, S.Pd., M.Pd.
    Dosen Pembimbing II :FACHRUR ROZIE, S.Pd., M.Pd.
    Abstraksi

    Fitrotul J., Cici. 2020. Pengembangan Media Electric Blood Mannequin Pada Pembelajaran Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Siswa Kelas V SDN Tamidung 3 Kabupaten Sumenep. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Trunojoyo Madura. Dosen Pembimbing I Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Electric Blood Mannequin yang valid, efektif, dan menarik pada pembelajaran IPA materi sistem peredaran darah manusia kelas V SDN Tamidung 3 Sumenep. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari sepuluh tahapan yaitu (Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk, Revisi Produk, Uji Coba Pemakaian, Revisi Produk, dan Produksi Massal). Media Electric Blood Mannequin telah divalidasi oleh tiga ahli yaitu ahli media pembelajaran, ahli materi (isi), dan ahli desain pembelajaran. Terdapat 2 uji coba penelitian yaitu uji coba produk dan uji coba pemakaian. Instrumen pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, lembar observasi, lembar angket, dan lembar tes. Validasi media Electric Blood Mannequin memperoleh nilai sebesar 84,99% dengan kategori sangat valid. Keefektifan diperoleh dari aktivitas guru (92,85%) dengan kategori sangat aktif, aktivitas siswa (92%) dengan kategori sangat aktif dan hasil belajar siswa (ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%). Kemenarikan media Electric Blood Mannequin pada uji coba produk memperoleh nilai sebesar 87,66% dengan kategori sangat menarik. Kemenarikan media Electric Blood Mannequin pada uji coba pemakaian memperoleh nilai sebesar 91,5% dengan kategori sangat menarik. Kata Kunci: Electric Blood Mannequin, Model Pengembangan Borg and Gall

    Abstraction

    Fitrotul J., Cici. 2020. The Development of Electric Blood Mannequin Media in the Learning of the Human Blood Circulation System for Grade 5 Students of SDN Tamidung 3 Sumenep Regency. Essay. Elementary Teacher Education Study Program. Faculty of Science Education. University of Trunojoyo Mmadura. Advisor 1 Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd., Advisor 2 Fachrur Rozie, S.Pd., M.Pd. ABSTRACT This study aims to develop a valid, effective, and attractive electric blood mannequin medium in learning natural science of the human blood circulation system material class 5 SDN Tamidung 3 Sumenep. This research uses the Borg and Gall model which consists of ten stages, namely (potential and problems, data collection, product design, design validation, design revision, product trial, product revision, trial use, product revision, and mass production). Electric Blood Mannequin media have been validated by three experts namely instructor media experts, material experts (contents), and instructional design experts. There are 2 research trials. Data collection instruments in this study used interview widelines, observation sheets, questioner sheets, and tes sheets. The validation of electric blood mannequin media obtained a value of 84,99% with a very valid category. Effectiveness is obtained from teacher activities (92,85%) in the very active category, student actifities (92%) in the very active category and student learning outcomes (student classical completeness by 100%). The attractiveness of electric blood mannequin media in product trialls obtained a value of 87,66% with a very interesting category. The acttractiveness of electric blood mannequin media in the trial used obtained a value of 91,5% with a very interesting category. Keywords: electric blood mannequin, Borg and Gall, development model

Detail Jurnal