Detail Karya Ilmiah
-
Pengembangan Media Pembelajaran Hasil KEKO (Kegiatan Ekonomi) Pada Tema 8 Subtema 1 Pembelajaran 3 Kelas V SDN Carat 2 GempolPenulis : Stevie Silvia AnggrainiDosen Pembimbing I : Priyono Tri Febrianto, S.Sos., M.SiDosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP.,M.SiAbstraksi
ABSTRAK Media pembelajaran hasil KEKO (Kegiatan Ekonomi) merupakan media pembelajaran yang digunakan sebagai media pembelajaran untuk perantara guru dan siswa dalam memahami kegiatan ekonomi yang ada di lingkungan sekitar tempat tinggal siswa. Peneletian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran yang layak digunakan dari segi kevalidan, kemenarikan dan keefektifan dalam pelaksanaan di SDN Carat 2 Gempol. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg and Gall yang telah diadaptasi oleh Sugiyono. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Hasil uji coba kevalidan media pembelajaran dari validator yaitu 89,4% dengan kategori sangat valid. (2) Hasil uji kemenarikan berdasarkan respon siswa pada uji coba pemakaian 88,14% dengan kategori sangat menarik. (3) Hasil uji keefektifan berdasarkan observasi aktivitas guru dan siswa pada uji coba pemakaian. Pada uji coba pemakaian, hasil observasi aktivitas guru sebesar 91%, hasil observasi aktivitas siswa sebesar 93% dan hasil belajar siswa 100% tuntas dengan kategori sangat efektif. Kesimpulan penelitian ini adalah media pembelajaran hasil KEKO (Kegiatan Ekonomi) layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Kata Kunci : Media pembelajaran, Hasil KEKO
AbstractionABSTRACK The results of learning media by KEKO (Economic Activities) are learning media that used as learning media for intermediaries between teachers and students in understanding the economic activities that exist in the environment around the student's residence. This study aims to develop learning media that are appropriate to use in terms of validity, attractiveness and effectiveness in the implementation of Primary School Carat 2, Gempol. This study uses the development model of Borg and Gall that has been adapted by Sugiyono. The results of this study indicate that: (1) The results of the validity of the learning media from the validator are 89.4% with very valid categories. (2) The results of the attractiveness test are based on student responses to the trial using 88.14% with very interesting category. (3) The results of the effectiveness test are based on observing the activities of the teacher and students in the use trial. In the trial test, the results of observation by teacher activity amounted to 91%, the results of observations by student activities amounted to 93% and 100% student learning outcomes were completed in the very effective category. The conclusion of this study is that learning media produced by KEKO (Economic Activities) are suitable for use in learning activities. Keywords: Learning media, KEKO results