Detail Karya Ilmiah
-
PENGEMBANGAN BUKU AJAR MATEMATIKA BERBASIS FABEL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI BANGUN DATAR DI UPTD SDN NYALABU DAJA 2 PAMEKASANPenulis : NOVIA WARDANIDosen Pembimbing I : Mohammad Edy Nurtamam, S.Pd., M.Si.Dosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.Pd.Abstraksi
Buku ajar merupakan bahan tertulis yang berisi informasi cetak dan dapat digunakan sebagai referensi atau acuan dalam mata pelajaran tertentu untuk mencapai tujuan pembelajaran. Buku ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah buku ajar matematika berbasis fabel dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi bangun datar. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan, keefektifan, dan kemenarikan buku ajar matematika berbasis fabel dengan menggunakan pendekatan saintifik untuk siswa kelas III UPTD SDN Nyalabu Daja 2 Pamekasan. Penelitian ini dilakukan dengan mengikuti langkah pada model 4D yaitu define, design, development, dan disseminate. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa: (1) hasil persentase kevalidan buku ajar yaitu 84%. (2) persentase kepraktisan buku ajar yaitu 90%. (3) keefektifan buku ajar didukung dari hasil persentase observasi aktivitas siswa yaitu 87,65% dan hasil persentase belajar siswa secara klasikal yaitu 95%. (4) hasil persentase kemenarikan buku ajar yaitu 87%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa buku ajar matematika berbasis fabel dengan menggunakan pendekatan saintifik pada materi bangun datar dapat dikatakan valid, sangat praktis, efektif, dan sangat menarik dalam proses pembelajaran matematika kelas III UPTD SDN Nyalabu Daja 2 Pamekasan. Kata kunci: Buku Ajar Matematika Berbasis Fabel, Model 4D
AbstractionTextbook was a written material which contains information and can be used as a reference in certain subject materials to achieve learning goals. The textbook developed in this study is mathematics textbook based fable by using scientific approach in two-dimentional figure materials. The purpose of this study is to determine the valid, practical, effective, and atractive textbook based fable by using scientific approach for III class UPTD SDN Nyalabu Daja 2 Pamekasan. This research used steps based on 4-D models which are define, design, development and disseminate. The results of research and development shows that: (1) the results validity percentage of textbook is 84%. (2) practicality percentage of textbook is 90%. (3) the effectiveness of textbook was supported by the results of student activity observation percentage is 87,65% and the results of classical student learning outcomes is 95%. (4) the results attractiveness percentage of textbook is 87%. The results indicate that mathematics textbook based fable by using scientific approach in materials two dimentional figure is valid, , very practical, effective, and very attractive in mathematics learning class III UPTD SDN Nyalabu Daja 2 Pamekasan. Keywords:MathematicsTextbook Based Fable, 4D Model