Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas III SD Negeri Gilih Timur 2
    Penulis : Nurul Sakinah
    Dosen Pembimbing I : Andika Adinanda Siswoyo, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M.Si
    Abstraksi

    ABSTRAK Penguasaan kosakata adalah perbendaharaan kata yang dimiliki seseorang. siswa yang memiliki penguasaan kosakata yang tinggi maka akan terampil dalam berbahasa yang tinggi pula. penelitian ini dilakukan untuk: a) mengetahui tingkat penguasaan kosakata siswa, b) mengetahui tingkat keterampilan menulis puisi siswa, dan c) mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Gili Timur II. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Gili Timur II yang berjumlah sebanyak 36 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ada dua tes yaitu tes pilihan ganda dan tes uraian. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan kosakata siswa sebagian besar tergolong pada kategori sedang dengan presentase sebesar 77,78%. Keterampilan menulis siswa sebagian besar juga termasuk pada kategori sedang dengan presentase sebesar 61,11%. Hasil dari pengujian hipotesis menggunakan korelasi product moment di peroleh hasil nilai r_hitung sebesar 0,982 dengan harga r_tabel dengan jumlah responden (n=36) pada taraf signifikansi 5% yaitu sebesar 0,339. Dari hasil tersebut dapat diketahui nilai r_hitung > r_tabel , hal ini menunjukkan bahwa hipotesis terbukti yaitu adanya hubungan yang positif antara penguasaan kosakata dengan keterampilan menulis puisi siswa kelas III SDN Gili Timur II. Kata kunci: Penguasaan kosakata, keterampilan menulis puisi

    Abstraction

    ABSTRACT Vocabulary mastery is the vocabulary someone has. Student who have a high vocabulary mastery will be skilled in hig languange as well. This research was conduct for : a) knowing the level of student’s vocabulary mastery, b) knowing the level of student’s poetry writing skill, c) knowing the relation of student’s vocabulary mastery with the poetry writing skills at third grade SDN Gili Timur II. This research is qualitative research using correlation technique. The population and sample in this research were third grade SDN Gili Timur II, amounting to 36 students. Data collection technique that used are interview, test, and documentation. The intruments used in this research were two tests, namely multiple choice test and description test. The results of the descriptive analysis showed that the student's vocabulary mastery was mostly classified into the medium category with a percentage of 77,78%. Student's writing skills are mostly included in the medium category with a percentage of 61,11%. The results of hypothesis testing using product moment correlation obtained the results of r_count value is 0,982 with a price of r_tabel with the number of respondents (n = 36) at a significance level of 5%, namely equal to 0,339. From these results it can be seen the value of r_(count )> r_tabel, this shows that the hypothesis is proven that there is a positive relationship between vocabulary mastery and poetry writing skills of third grade SDN Gili Timur II. Keywords: Vocabulary mastery, poetry writing skill

Detail Jurnal