Detail Karya Ilmiah

  • Problematika Siswa Belum Mampu Membaca Permulaan (Studi Kasus Siswa Kelas IV SDN Pangpajung 2 Kecamatan Modung Kebupaten Bangkalan)
    Penulis : Sukri Ali Antono
    Dosen Pembimbing I : Sulaiman, S.Pd., M. Pd
    Dosen Pembimbing II :Mahmud, S.IP., M. Si
    Abstraksi

    Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi siswa kelas empat belum mampu membaca, serta upaya yang dilakukan sekolah dalam menanganai siswa yang belum mampu membaca permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Objek penelitian ini adalah siswa kelas empat, guru I sampai kelas IV serta orang tua siswa yang bersangkutan dengan mengunakan teknik Snowball sebagai teknik penentuan objek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa siswa kelas empat memiliki IQ yang rendah, upaya guru masih belum maksimal, guru masih menyamaratakan siswa yang belum mampu membaca dengan siswa yang sudah mampu membaca, guru tidak menggunakan media dalam menagani siswa yang bersangkutan, serta Kepala Sekolah masih belum maksimal dalam menjalankan program litrasi di sekolah. faktor internal siswa yang menjadikan kendala membaca yaitu siswa memiliki IQ yang rendah, serta minat dan motivasi siswa kurang. Faktor ekstrernal siswa yaitu kurangnya perhatian dari keluarga, siswa tinggal dengan kakek nenek yang masih buta huruf dan guru kurang memberikan perhatian kausus dalam belajar, artinya guru masih menyamaratakan siswa dalam belajar. Kata Kunci: Kemampuan membaca permulaan, siswa SD.

    Abstraction

    Abstract This research aims to know the factor which cause the students in IV grade cannot able to read, also the effort which is done by school in handling students who cannot able to read beginning. This research uses qualitative approach with kinds of research case study. The object of this research is students in IV grade, teacher in I until IV grade also the parents of student which is concern with it by using Snowball technic as determining technic of research object. The collecting data is done by observation technic, interview and documentation. The results of research conducted show that student in IV grade have low IQ, the effort of teacher is not maximal, teacher still generalizes students who cannot read with students who have able to read. Teacher does not use media in handling student which concern with it, also head master is not maximal in undergoing literacy program in school. The internal factor students who makes obstacle in reading is students who have low IQ, also interest and motivation of students in still less. The internal factor of students less of intention from family, students live with grandparents who are still illiterate and teacher do not give private enough in study. Means, teacher still generalizes students in study. Keywords: Early reading skills, elementary students.

Detail Jurnal