Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Buku Ajar PKn berorientasi model Value Clarification Technique (VCT) merupakan alat bantu untuk siswa dalam menanamkan sikap yang baik dan juga sebagai pendukung guru untuk menyampaikan materi kepada siswa. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan buku ajar dilihat dari kevalidan, kemenarikan, dan keefektifan. Prosedur pengembangan menyesuaikan prosedur 4D yang terdiri dari tahapan yaitu, 1) define, 2) design, 3) development, 4) dessiminate. Hasil kevalidan yang didapat dari validator ahli media pembelajaran, ahli materi, ahli bahasa, dan ahli desain pembelajaran sebesar 89,37% (sangat valid).. Kemenarikan buku ajar PKn sebesar 92,25% (sangat menarik). Keefektifan dilihat dari ketuntasan tes sikap diperoleh nilai sebesar 95% sehingga dinyatakan efektif. Hasil menunjukkan bahwa buku ajar PKn sangat valid, sangat menarik dan efektif digunakan untuk menanamkan civic dispositions siswa pada mata pelajaran PKn kelas III SDIT Insan Madani, Madiun

    Abstraction

    Civic Education Textbooks oriented to the Value Clarification Technique (VCT) model are a tool for students to instill good attitude and also as a support teacher to deliver material to the students. The objectives of this development research is to develop teaching books seen from. The development procedure adjusts the 4D procedure which consists of stages namely, 1) define, 2) design, 3) development, 4) dessimina validity, attractiveness, and effectiveness. The validity results obtained from the learning media expert validator, material expert, linguist, and learning design expert amounted to 89.37% (very valid).. The withdrawal of Civics textbooks is 92.25% (very interesting). The effectiveness seen from the completeness of attitude tests obtained a value of 95% so that it was declared effetive. The results show that Civics textbooks are very valid, very interesting and very effective to be used to instill civic dispositions of students in class III Civics SDIT Insan Madani subjects, Madiun.

Detail Jurnal