Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SDN Madumulyorejo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik
    Penulis : ana maghfiroh
    Dosen Pembimbing I : sulaiman, S.Pd., M.Pd
    Dosen Pembimbing II :mahmud, S.IP., M.Si.
    Abstraksi

    Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan membaca pemahaman siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhi adalah penguasaan kosakata. penelitian ini dilakukan untuk: a) mengetahui tingkat penguasaan kosakata siswa, b) mengetahui tingkat kemampuan membaca pemahaman siswa, dan c) mengetahui hubungan penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Madumulyorejo Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasional. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 20 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Dengan instrumen yang digunakan adalah lembar tes. Hasil dari analisis deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan kosakata sebagian besar masuk pada kategori sedang dengan persentase 75% dan kemampuan membaca pemahaman juga sebagian besar masuk pada kategori sedang dengan persentase 70%. Hasil uji korelasi (r) dengan rumus korelasi Pearson Product Moment menunjukkan adanya hubungan positif yang sangat kuat antara penguasaan kosakata dengan kemampuan membaca pemahaman siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan rhitung = 0,842 > rtabel = 0,468. Koefisien Determinasi (D) 70,96% yang artinya faktor penguasaan kosakata memberikan konstribusi terhadap kemampuan membaca pemahaman sebesar 70,96% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Misalnya faktor fisiologis, psikologis, dan faktor lingkungan.

    Abstraction

    The background of this research is the low reading comprehension ability of studens. One of the factors that influence is mastery of vocabulary. This research was conducted to: a) determine the students’ vocabulary mastery level b) determine the students’ ability level, and c) determine the correlation of the vocabulary mastery with reading ability comprehension of students class V SDN Madumulyorejo Dukun District Gresik Regency. This research is a quantitative research with correlational techniques. The population and sample in this study were students of class V which amounted to 20 students. Data collection techniques used a test. The instrument used a test sheet. The result of the descriptive analysis show that vocabulary mastery was mostly included in the medium category by a percentage of 75% and reading comprehension ability is also mostly in the medium category by a percentage of 70%. The results of the correlation test (r) with Pearson Product Moment correlation formula indicate a very strong positive correlation between the mastery of vocabulary whit the students’ ability of reading comprehension. This is evidenced by the acquisition of rhitung = 0,842 > rtabel = 0,468. The Determination Coefficient (D) is 70.96%, which means the vocabulary mastery factor contributes to comprehension reading skills by 70.96% and the rest is influenced by other factors not examined in this study. For example physiological, psychological, and environmental factors.

Detail Jurnal