Detail Karya Ilmiah
-
PENGARUH MODEL KOOPERATIF TIPE COURSE REVIEW HORAY BERBANTUAN MEDIA RODA MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS III UPTD SDNPenulis : Titik MurjiantiDosen Pembimbing I : Moh. Edy Nurtamam, S.Pd., M.SiDosen Pembimbing II :Indah Setyo Wardhani, S.Pd., M.PdAbstraksi
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model kooperatif tipe (course review horay) berbantuan media roda matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III di UPTD SDN Gili Barat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain quasi experimental design dengan jenis nonequivalent control group design. Penelitian ini menggunakan 43 siswa sebagai sampel yaitu 24 siswa di kelas eksperimen dan 19 siswa di kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi. Tahap-tahap yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, homogenitas, uji hipotesis. Hasil penelitian menujukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran course review horay berbantuan media roda matematika terhadap hasil belajar siswa berdasarkan hasil perhitungan uji signifikan t_hitung = 6,56 dan t_tabel t(?/2, n-2) = 2,01954 dengan taraf signifikan sebesar ? = 5%. Sesuai dengan kaidah pengujian t_hitung> t_tabel maka, Ho ditolak dan ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran course review horay berbantuan media roda matematika terhadap hasil belajar matematika siswa kelas III UPTD SDN Gili Barat. Lembar keterlaksanaan pembelajaran guru dengan model course review horay berbantuan media roda matematika pada pertemuan 1 diperoleh hasil 90,47% sedangkan pada pertemuan 2 diperoleh hasil 95,24% dengan ini keterlaksanaan pembelajaran dikatakan meningkat dan dengan kategori baik. Kata kunci: Model Course Review Horay, Media Roda Matematika, Hasil Belajar.
AbstractionABSTRACT The purpose of this research is to know whether the influence of learning model of the course review horay alternating the wheel of mathematics media towards the mathematics learning outcomes of grade III students UPTD SDN Gili Barat. This research is a quantitative research. The research design used in this research is quasi experimental design with type nonequivalent control group design. This research uses 43 students as sample that is 24 student in experiment class and 19 student in control class. Technique of collecting data in this research using test and observation. The stages used are validity, reliability, normality, homogeneity, linearity test, simple regression, and coefficient of determination. The result of this research showed that the significant influence of the learning model of the course review horay alternating the wheel of mathematics media towards the mathematics learning result based on the result of t_count = 6,56 and t_table t(? / 2, n-2) = 2,01954 with a significant level of ? = 5%. In accordance with the rule of t_count > t_table, so that ho is rejected and there is a significant effect of the influence of learning model of the course review horay alternating the wheel of mathematics media towards the mathematics learning outcomes of grade III students UPTD SDN Gili Barat. The implementation sheet of teacher learning whit the course review horay alternating the wheel of mathematics media towards at the 1 meeting obtained 90,46% while in the second meeting the results obtained 95,24% with this the implementation of learning was said to increase and in the good category. Keywords: Course Review Horay Model, Mathematics Media Towards, Learning Outcomes.