Detail Karya Ilmiah

  • PENGARUH INTERNSITAS PEMBERIAN DONGENG TERHADAP AGRESIVITAS ANAK PRASEKOLAH ETNIS MADURA
    Penulis : Kartika Febriana
    Dosen Pembimbing I : Dr.Setyaningsih, S.Psi., M.Si
    Dosen Pembimbing II :Yudho Bawono, S.Psi., M. Si
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian dongeng terhadap agresivitas anak prasekolah etnis Madura di Taman Kanak-Kanak Seruni Bangkalan, dengan jumlah subjek 20 anak prasekolah kelas A dan B Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Eksperimen dengan desain Ekperimen Quasi. Hasil dari penelitian ini ditinjau dari aspek perilaku agresif yaitu, 1). Agresif fisik, 2). Agresif verbal, dan 3). Agresif pasif. Penelitian ini juga menggunakan instrumen pengukuran, yakni skala agresivitas yang diisi dengan melalui observasi dan self report anak dari orang tua, wali, atau guru. Data di uji menggunakan uji beda non-parametrik, wilcoxon. Didapat hasil terlihat bahwa pada kolom Asymp. Sig (2-tailed) untuk di uji 2 sisi adalah 0,005. Karena kasus adalah uji satu sisi, maka probabilitas menjadi 0,005/2=0,0025 di sini didapat probabilitas di bawah 0,05, maka Ho ditolak, artinya pada kedua data kelompok eksperimen ada perbedaan dalam melakukan pretest dan pada saat posttest. Kata Kunci : pemberian dongeng, agresivitas, anak prasekolah etnis Madura

    Abstraction

    This study aims to determine the effect of storytelling on the aggressiveness of Madura preschoolers in Seruni Kindergarten. With the number of subjects 20 Preschool children classes A and B The research method used in this study is an experimental research method with Quasi Experiment design. Data were tested using the non-parametric difference test, Wilcoxon. The results of this study were reviewed from the aspect of aggressive behavior namely, 1). Physical aggressiveness, 2). Verbal aggressive, and 3). Passive aggressive. This study also uses measurement instruments, an aggressiveness scale that is filled through observation and self-reports of children from parents, guardians, or teachers. The results show that the Asymp column. Sig (2-tailed) for the 2-tailed test is 0.005. Since the case is a one-tailed test, the probability becomes 0.005 / 2 = 0.0025 here the probability is below 0.05, then Ho is rejected, meaning that in the two experimental group data there are differences in pretest and posttest. Keywords Storytelling, Aggressiveness, Madurese Preschool children

Detail Jurnal