Detail Karya Ilmiah

  • Hubungan Determinasi Diri Terhadap Kemampuan Penyesuaian Diri Pada Siswa Reguler Di Sekolah Inklusif X
    Penulis : Farida Yuniati
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan determinasi diri terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa reguler di sekolah inklusif X. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dan menggunakan teknik stratified random sampling dengan jumlah sampel 190 siswa reguler di sekolah inklusif X. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala determinasi diri dan skala kemampuan penyesuaian diri. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Product Moment Person. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan determinasi diri terhadap kemampuan penyesuaian diri pada siswa reguler di sekolah inklusif X dengan koefisien korelasi sebesar 0,327 dengan signifikansi 0,000 (< 0,05). Dengan demikian, keeratan hubungan determinasi diri terhadap kemampuan penyesuaian diri termasuk dalam kategori lemah.

    Abstraction

    This study aims to determine the correlation between self determination of the ability of adjustment to regular students in inclusive schools X. The method used is quantitative method and using stratified random sampling with a sample of 190 regular students in inclusive schools X. The instrument in this research is the scale of determination self and scale adjustment capability. The analysis used in this research is the analysis of Person Product Moment. The results from the study show that there is a relationship of self determination of the ability of adjustment to regular students in inclusive schools X the correlation coefficient of 0.327 with significance of p = 0.000 ( < 0.05). Thus, the level of relationship of self determination self-determination of the ability of self adjustment to regular students in inclusive schools X included in the category of weak.

Detail Jurnal