Detail Karya Ilmiah

  • Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur'an Pada Remaja di Griya Qur'an
    Penulis : Minkhah Mufidah
    Dosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, Psikolog.
    Dosen Pembimbing II :Yuriadi, S.Psi., MA.
    Abstraksi

    ABSTRAK Minkhah Mufidah, 150541100102. Program Studi Psikologi. Pengaruh Dukungan Keluarga Terhadap Motivasi Menghafal Al-Qur’an Pada Remaja di Griya Qur’an. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2019. Xvii + 83 Halaman dan 18 Lampiran Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an pada remaja di Griya Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini adalah penghafal Al-Qur’an dengan jumlah 67 responden. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah skala dukungan keluarga dan skala motivasi menghafal Al- Qur’an. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai F 42,703 dengan signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya terdapat pengaruh dukungan keluarga terhadap motivasi menghafal Al-Qur’an pada remaja di Griya Qur’an. Berdasarkan nilai koefisien determinasi (R square) yaitu sebesar 0,396. Yang artinya dukungan keluarga mempengaruhi motivasi menghafal Al- Qur’an sebesar 39,6% dan 60,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain. Kata kunci : Dukungan Keluarga, Motivasi, Menghafal Al-Qur’an Daftar Pustaka : 58 (2001-2018)

    Abstraction

    ABSTRACT Minkhah Mufidah, 150541100102. Psychology Study Program. Effects of Family Support on Motivation in Memorizing the Qur'an at Youth at Griya Qur'an. Essay. Psychology Study Program, Department of Social and Cultural Sciences, Faculty of Social and Cultural Sciences, Trunojoyo Madura University. 2019. Xvii + 83 Pages and 18 Attachments This research aims to determine the effect of family support on the motivation to memorize the Qur'an at youth at Griya Qur’an. This research uses quantitative methods. Respondents in this study were memorizers of the Qur'an with 67 respondents. Sampling in this study using purposive sampling technique. The instruments in this study were the scale of family support and the motivation scale to memorize the Qur'an. The analysis used in this study is simple linear regression analysis. The results of this study indicate a significance value of 0,000 less than 0.05 (0,000 <0,05). Associated with family motivation to memorize the Qur'an at youth at Griya Qur’an. Based on the value of the coefficient of determination (R square) which is equal to 0.396, which means family support influences Al-Qur'an memorization motivation by 39.6% and the other 60.4% is influenced by other factors. Keywords: Family Support, Motivation, Memorizing the Qur'an Bibliography: 58 (2001-2018)

Detail Jurnal