Detail Karya Ilmiah

  • EFEKTIVITAS ASSERTIVE TRAINING TERHADAP KECEMASAN PRESENTASI MAHASISWA BARU PSIKOLOGI 2018
    Penulis : Tutus Dewi Ririyanti
    Dosen Pembimbing I : Mery Atika, S.Psi., M.Si
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Tutus Dewi Ririyanti. 150541100038. Efektivitas Assertive Training Terhadap Kecemasan Presentasi pada Mahasiswa Baru Psikologi 2018. Skripsi. Program Studi Psikologi, Jurusan Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Budaya, Universitas Trunojoyo Madura. 2019. xvii + 70 Halaman + 63 Lampiran. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui efektivitas assertive training untuk menurunkan kecemasan presentasi mahasiswa baru psikologi 2018. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi experimental dengan menggunakan non-equivalent control group design. Subjek yang digunakan ini berjumlah 11 orang pada kelompok eksperimen dan 11 orang pada kelompok kontrol berdasarkan kriteria dari metode purposive sampling, yaitu mahasiswa baru psikologi 2018, memiliki skor tingkat kecemasan presentasi >105 serta bersedian untuk mengikuti proses perlakuan assertive training. Instrumen penelitian ini menggunakan alat ukur skala kecemasan presentasi sebanyak 34 item valid dengan reliabilitas 0,774 >0,60. Metode analisis data menggunakan uji perangkat bertanda wilcoxon dengan taraf kesalahan 5%. Hasil analisis data menunjukkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,003 (z=0,05) dengan taraf signifikansi dibawah 0,05. Hasil tersebut membuktikan bahwa assertive training efektif untuk menurunkan tingkat kecemasan presentasi mahasiswa baru psikologi 2018 Kata kunci : Assertive Training, Kecemasan Presentasi, mahasiswa

    Abstraction

    ABSTRACT Tutus Dewi Ririyanti. 150541100038. Effectiveness of Assertive Training on Anxiety Presentation in New Psychology Students 2018.Thesis. Psychology Study Program,Departement of Soscial and Cultural Sciences, Faculty of Social and Cultural Sciences, Trunojoyo Madura University. 2019. xvii + 70 Pages + 63 Appendix. This study aims to determine the effectiveness of the assertive training to reduce the anxiety of the presentation of new psychology students in 2018. This study uses quantitative experimental research methods. The experimental design used was quasi experimental using a non-equivalent control group design. The subject used was 11 people in the experimental group and 11 people in the control group based on the criteria of the purposive sampling method, namely new psychology students in 2018, had presentation anxiety level scores> 105 and offered to take the assertive training treatment process. The instrument of this study used the presentation anxiety scale measuring as many as 34 valid items with reliability of 0.774> 0.60. The method of data analysis used a device test marked Wilcoxon with an error rate of 5%. The results of data analysis showed a correlation coefficient of 0.003 (z = 0.05) with a significance level under 0.05. These results prove that assertive training is effective in reducing the anxiety level of new psychology student presentations in 2018. Keywords: Assertive Training, Presentation Anxiety, students

Detail Jurnal