Detail Karya Ilmiah
-
PERBEDAAN STABILITAS EMOSI PADA MAHASISWA DITINJAU DARI CHRONOTYPEPenulis : Ayu Riski OktafviaDosen Pembimbing I : Dr. Netty Herawati, PsikologDosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan stabilitas emosi sebagai dampak dari chronotype Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah ada Perbedaan stabilitas emosi pada mahasiswa sebagai dampak dari chronotype. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah 306 mahasiswa dengan teknik purposive samplig. Pengumpulan data menggunakan dua jenis skala, yaitu skala chronotype dan skala stabilitas emosi. Metode analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan Mann-Whitney dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian uji perbedaan dalam hipotesis stabilitas emosi pada mahasiswa sebagai dampak dari chronotype menggunakan teknik Mann-whitney menunjukkan bahwa koefisien perbedaan 0,28 artinya hipotesis penelitian diterima.
AbstractionThis study aims to examine differences in emotional stability as a result of chronotype The hypothesis of this study is no difference in a student's emotional stability as a result of chronotype. The subjects used in this study was 306 students by using purposive samplig. Collecting data using two kinds of scale, the scale chronotype and scale of emotional stability. Methods of data analysis in this study using the Mann-Whitney with SPSS. Results of test research hypotheses difference in the student's emotional stability as a result of chronotype using the Mann-Whitney technique showed that the difference coefficient of 0.28 means that the research hypothesis is accepted.