Detail Karya Ilmiah

  • Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Menggunakan Aplikasi Shopee Pada Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura
    Penulis : Tera Marina Cuba
    Dosen Pembimbing I : R. Bambang Moertijoso, S.Sos., M.Si
    Dosen Pembimbing II :-
    Abstraksi

    ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif mahasiswa menggunakan aplikasi Shopee sebagai alternatif belanja online dan untuk mengetahui perilaku konsumen dalam berbelanja menggunakan aplikasi Shopee. Informan dari penelitian ini adalah 21 mahasiswa dari 7 fakultas yang ada di Universitas Trunojoyo Madura. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisa data meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan dari temuan tentang motif penggunaan aplikasi Shopee karena faktor-faktor kepercayaan konsumen, kualitas produk, dan status ekonomi. Sedangkan temuan tentang perilaku konsumen dalam berbelanja menggunakan aplikasi Shopee dimulai dari mengenali kebutuhannya melalui dorongan internal dan eksternal, pencarian informasi melalui kolom pencarian, media sosial, review, dan kepercayaan terhadap suatu produk, evaluasi alternatif berdasarkan keunggulan produk dan kekurangan produk, kepuasan membeli didasarkan pada faktor harga, kebutuhan, kualitas, dan reputasi penjual, perilaku pasca pembelian mayoritas informan merasa puas terhadap produk yang dibeli. Kata Kunci : Motif, perilaku konsumen, belanja online, shopee.

    Abstraction

    ABSTRACT The aim of this research is to find out the motives of students using the Shopee application as an alternative to do online shopping and to find out consumers behavior in shopping using the Shopee application. The informants from this research were 21 students from 7 faculties in University of Trunojoyo Madura. This research used descriptive qualitative method, while the method of data collection used observation, interview and documentation techniques. The informants were selected by purpose sampling technique. The data analysis includes data reduction, data presentation and verification. The technique of checking the validity of the data used triangulation. The results shows that from the findings about the motives in using Shopee applications are because of the factors of consumer trust, product quality, and economic status. Whereas the findings about consumer behavior in shopping using the Shopee application starts from recognizing their needs through internal and external encouragement, searching information through search columns, social media, reviews, and trust in a product, evaluating alternatives based on product excellence and product shortages, buying satisfaction based on the price factor, needs, quality, and reputation of the seller, the post-purchase behavior of the majority of informants were satisfied with the product purchased. Keywords: Motives, consumer behavior, online shopping, shopee.

Detail Jurnal