Detail Karya Ilmiah

  • STRATEGI PEMASARAN BATIK TRADISIONAL TANJUNG BUMI (Studi Kasus pada Zulpah Batik dan Sumber Arafat)
    Penulis : Achmad Wasil Aji Qadafi
    Dosen Pembimbing I : R.Bambang Moertijoso, S,sos.,M.Si.
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    ABSTRAK Achmad Wasil Aji Qadafi, NIM. 150531100108, Strategi Pemasaran Batik Tradisional Tanjung Bumi (Studi UD “Zulpah Batik” dan UD “Sumber Arafat Batik” Kecamatan Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan) Kata kunci : Batik Tanjung Bumi, pemasaran. Penelitian ini dilakukan pada usaha Batik Tanjung Bumi Zulpah batik dan Sumber Arafat batik di Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan batik Ibu Ririn dalam menunjang kinerja pemasaran dalam usahanya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara terstruktur dan wawancara tidak berstruktur pada informan, sedangkan teknik analisa dalam penelitian ini adalah analisa deskriptif kualitatif. Untuk pembuktian validitas hasil wawancara dilakukan triangulasi sumber dan triagulasi teknik berupa dokumentasi. Dari hasil penelitian peranan pemasaran produk yang selama ini dilakukan oleh batik Ibu Ririn masih sudah cukup efektif dalam meningkatkan kinerja pemasaran. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa usaha UD “ZULPAH BATIK” milik Alim Hafidz, dan UD “ SUMBER ARAFAT, milik Darmayanti dalam pemasaran produk batik di hasilkan dengan suatu proses dengan menciptakan karya seni batik mengevaluasi semua karyawan dan pemilik untuk menentukan ide-ide baru dengan motif, desain, dan pewarnaan. Dan komunikasi pemasarannya ialah sudah menyebar ke luar kota seperti Jakarta, Surabaya, Malaysia, strategi promosi yang digunakan dengan menngunakan media sosial sebagai endors kepada konsumen yaitu berkomunikasi dengan tidak secara langsung, salah satu usaha komunikasi pemasaran yang di gunakan UD “ZULPAH BATIK” dan “SUMBER ARAFAT BATIK” Tanjung Bumi dalam memasarkan batik adalah melalui penerapan marketing mix sarana yang digunakan adalah produk, harga, tempat, dan promosi.

    Abstraction

    ABSTRACT Achmad Wasil Aji Qadafi, NIM. 150531100108, Marketing Strategy of Batik Traditional Tanjung Bumi (Study of UD "Zulpah Batik" and UD "Sumber Arafat Batik" Tanjung Bumi District Bangkalan District) Keywords: Batik Tanjung Bumi, marketing. This research was conducted at the Batik Tanjung Bumi Zulpah batik business and the Arafat Batik Source at Tanjung Bumi, Bangkalan, Madura. This study aims to determine the marketing strategies carried out by Ibu Ririn batik in supporting marketing performance in her business. The method used in this study is structured interviews and unstructured interviews with informants, while the analysis technique in this study is descriptive qualitative analysis. To verify the validity of the results of the interview triangulation of sources and technical triagulation of documentation. From the results of research the role of product innovation that has been carried out by batik Ibu Ririn is still not effective enough in improving marketing performance. The reason is that in addition to the innovation not being carried out with clear processes and stages, the innovation was not followed by marketing activations, even though the innovations that had been done related to his motives and creations were quite interesting. From the results of this study indicate that UD "ZULPAH BATIK" efforts by Alim Hafidz, and UD "SUMBER ARAFAT, owned by Darmayanti in batik production innovation are produced by a process by creating batik art works evaluating all employees and owners to determine new ideas with motifs, designs, and coloring. And marketing communication is already spread outside cities such as Jakarta, Surabaya, Malaysia, promotion strategies used by using social media as endors to consumers, namely communicating indirectly, one of the marketing communication efforts used by UD "ZULPAH BATIK" and " SOURCE OF BATIK ARAFAT "Tanjung Bumi in marketing batik is through the application of marketing mix, the facilities used are product, price, place, and promotion.

Detail Jurnal