Detail Karya Ilmiah

  • ICT sebagai Channel Bisnis Young Entrepreneur (Studi Penggunaan Platform Media Sosial dalam Wirausaha Pengusaha Muda)
    Penulis : IMANIA MAULIDYA IGHFIRLITA
    Dosen Pembimbing I : DR. YULIANA RAKHMAWATI, S.SOS., M.SI
    Dosen Pembimbing II :
    Abstraksi

    Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana ICT sebagai channel bisnis young entrepreneur. ICT merupakan singkatan dari Information, Communication and Technology. Young entrepreneur adalah pengusaha muda. Seorang young entrepreneur pasti memiliki tiga hal mutlak, yaitu dream big, start small, dan act now. Subjek dari penelitian ini adalah Balon Kado, Umah Lokal dan Scola LMS. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Instagram dan Whatsapp yang termasuk bagian dari ICT, dapat digunakan young entrepreneur dalam menjalankan bisnisnya. Selain itu, terdapat pula Website yang juga merupakan bagian dari ICT, dapat dimanfaatkan young entrepreneur dalam menjalankan bisnis dibidang teknologi sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Jadi, ICT dapat digunakan dan dimanfaatkan untuk mempermudah segala aspek kebutuhan hidup manusia. Dalam hasil penelitian ini pula menunjukkan bahwa komunikasi yang terjadi dalam bisnis melalui penggunaan ICT adalah komunikasi verbal dan komunikasi nonverbal yang dilakukan oleh young entrepreneur maupun khalayak di media sosial. Kata kunci: ICT, Channel Bisnis, Young Entrepreneur

    Abstraction

    The purpose oh this study is to find out how ICT as a channel for young entrepreneur. ICT stands for Information, Communication and Technology. Young entrepreneur means “Pengusaha Muda” in Indonesia. a young entrepreneur must have three absolute things to do, namely dream big, start small, and act now. Balon Kado, Umah Lokal, and Scola LMS as the subjects of this study. Descriptive qualitative research was used as a method in this study. The data collection methods in this study are interviews, observation, and documentation. The porposive sampling method was used for analyzing the data. The validity checking of the data done by using data triangulation and source triangulation. The result of the study showed that Instagram and Whatsapp as a part of ICT, can be used by young entrepreneur to operated their businesses. Moreover, a website also a part of ICT that can be used by young entrepreneur to operate their bussiness in the field of technology as a learning medium in the world of education. In conclusion, the benefits of using ICT can facilitate all aspect of human life needs. Also, the result of this study indicate a communication that occurs in business through the use of ICT are verbal communcation and nonverbal communication which carried out by young entrepreneur or people on social media. Keywords: ICT, , Bussiness Channel, Young Entrepreneur

Detail Jurnal