Detail Karya Ilmiah
-
Impression Management Pelakor dalam Mendapatkan Simpati Pria BeristriPenulis : Nisrin AssegafDosen Pembimbing I : Dr. Yuliana Rakhmawati, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana impression management yang dilakukan oleh pelakor dalam mendapatkan simpati pria beristri. Pelakor merupakan singkatan dari perebut laki orang yaitu julukan yang diberikan pada perempuan yang suka menggoda hingga merebut pasangan orang lain. Simpati merupakan proses seseorang merasa tertarik dengan orang lain. Subjek dari penelitian ini adalah pelakor. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan dipilih menggunakan metode purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah Reading and re-reading, Initial noting, Developing Emergent Themes, Searching for Connection A Cross Emergent Themes, Moving the Next Cases, dan Looking for Patterns Across Cases. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa impression management yang dilakukan oleh pelakor memiliki dua motif, yaitu because of motive dan in order to motive. Terdapat tiga faktor yang mempengaruhi seorang pelakor merebut pasangan orang lain, diantaranya faktor psikologis, faktor ekonomi, serta faktor biologis.
AbstractionThe purpose of the study is to determine the impression management conducted by pelakor to get Sympathy for married men. Pelakor is an abbreviation of male usurper which is a nickname given to a woman who likes to tease her to grab someone else's partner. Sympathy is the process of someone feeling attracted to others. The subjects of this study were actors. The method of data collection in this study used interviews, observation, and documentation. Informants were selected using the purposive sampling method. Analysis of the data used is Reading and re-reading, Initial Noting, Developing Emergent Themes, Searching for Connection A Cross Emergent Themes, Moving the Next Cases, and Looking for Patterns Across Cases. The technique of checking the validity of the data using source triangulation, technique triangulation, and time triangulation. The results of the data analysis showed that impression management carried out by actors had two motives, namely because of motive and in order to motive. There are three factors that influence an actor to seize the other person's partner, including psychological factors, economic factors, and biological factors.