Detail Karya Ilmiah
-
Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Nature Republic Di Kampus (Studi Deskriptif Pada Mahasiswa Penerima Beasiswa Di Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura)Penulis : Amanda Fani ChandraDosen Pembimbing I : Dessy Trisilowaty, S.Sos., M.Si.Dosen Pembimbing II :Abstraksi
Penelitian ini berjudul Konsep Diri Mahasiswa Pengguna Nature Republic di Kampus (Studi Deskriptif pada Mahasiswa Penerima Beasiswa di Ilmu Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura) menggunakan pendekatan penetrasi sosial dan berfokus pada konsep diri dalam proses komunikasi mahasiswa penerima beasiswa. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui konsep diri mahasiswa pengguna Nature Republic di Ilmu Komunikasi UTM dan mengetahui komunikasi mahasiswa penerima beasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan desain studi kasus menggunakan berbagai sumber data yang bisa digunakan untuk meneliti, menguraikan, dan menjelaskan secara komperehensif berbagai aspek individu atau peristiwa secara sistematis, penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif yang menjelaskan fenomena sedalam-dalamnya melalui pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teori konsep diri dalam komunikasi antar pribadi. Penelitian ini melibatkan tujuh informan menggunakan teknik wawancara. Wawancara merupakan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, dan dalam menganalisis data digunakan teknik analisis data kualitatif yang dikembangkan oleh Miles dan Huberman (1992) untuk mereduksi, menyajikan dan menyimpulkan data yang diperoleh dari hasil wawancara. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa informan menilai penggunaan produk Nature Republic yang memiliki konsep diri positif sehingga timbul rasa percaya diri dari diri mereka. Pandangan orang lain membentuk konsep diri mahasiswa pengguna produk Nature Republic. Pandangan tersebut disampaikan melalui proses komunikasi terhadap orang lain. Kata kunci: Produk Nature Republic, mahasiswa Ilmu Komunikasi, Konsep Diri.
AbstractionThe purpose of this research is to know Self-Concept of Nature Republic User Students on Campus. (Descriptive Study on Scholarship Recipient Students in Trunojoyo Madura University Communication Science). "This is a qualitative descriptive study, which aims to find out how the self-concept of students who get scholarships as users of Nature Republic products among students of Communication Sciences. The data in this study have one category, namely primary data. Data analysis uses interview techniques to informants, presentation and conclusion. The technique of checking the validity of the data using triangulation. The results of this study, it can be concluded that a number of related things, namely the users of Nature Republic products with self-concept, their existence using Nature Republic Products is a form of lifestyle and so that they are aware of the importance of scholarship funds for everyday life for students. Students must be able to distinguish which ones they should prioritize, because nowadays they are very stressed to appear more at a time when they have to meet students who have more costs to beautify their faces. And also they have to choose friends they think are good, so they can finish their studies on time. Keywords: Nature Republic, students of Communication Sciences, Self Concept.