Detail Karya Ilmiah

  • Abstraksi

    Semakin maraknya penggunaan media sudah bukan hal yang baru di Indonesia. Sejak mengalami kemajuan di tahun 2012, keterikatan masyarakat terhadap media semakin meningkat. Media sosial yang awalnya hanya digunakan sebagai media untuk bersosialisasi dengan teman dan kerabat dekat, kini mulai menembus komunikasi antara individu dengan institusi. Melihat fenomena ini, partai politik dan kandidat mulai melirik media sosial sebagai suatu alat untuk berinteraksi dengan masyarakat, termasuk untuk mempromosikan partai atau calon yang akan diusungnya. Pada pilpres tahun ini paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf didukung oleh beberapa orang yang mempunyai media. Karena itu penulis ingin mengetahui seberapa besar peran media dalam mempengaruhi pemilih di Desa Rejoagung untuk memilih Jokowi yang didukung oleh beberapa orang yang memiliki media pada pilpres 2019. Berdasarkan dari hasil penelitian didapatkan bahwa koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,206 atau 20,6 %. (Rsquare) dimaksudkan sebagai seberapa besar kemampuan variabel bebas dalam memepengaruhi variabel terikatnya. Hal ini menunjukkan bahwa pemberitaaan hasil kinerja Jokowi berpengaruh sebesar 20,6% terhadap tingkat elektabikitas Jokowi pada pilpers 2019 di Desa Rejoagung. Kata Kunci : Berita, Media Massa, Elektabilitas

    Abstraction

    The increase of media using is not new phenomena in Indonesia. Since it development in 2012, community’s interest to the media has increased. Social media which were initially only used as a medium to socialize with friends and close relative, then start to penetrate communication between individuals and institutions. Seeing this phenomenon, political parties and candidates begin to look at social media as a tool for interacting with the public, including to promote parties or candidates who they will carry out. In this year, presidential election candidate number 01 Jokowi-Ma'ruf is supported by several people who is the owner of the media. Therefore, the writer want to know how much the role of the media in influencing voters in the village of Rejoagung to choose Jokowi who is supported by several people who is the owner of the media in the 2019 presidential election. Based on the results of the study, it was found that the coefficient of determination (Rsquare) was 0.206 or 20.6%. (Rsquare) is intended as how much the ability of independent variables to influence the dependent variable. This shows that the reporting of Jokowi's performance has an effect of 20.6% on the level of Jokowi's electability in the 2019 election in Rejoagung Village. Keywords: News, Mass Media, Electability.

Detail Jurnal